Fokus di Pendidikan, Lazismu Bireuen Salurkan Beasiswa Mentari

16/02/2021

BIREUEN - Lazismu Bireuen, Aceh memberikan memberikan bantuan Beasiswa Mentari berupa biaya SPP kepada siswa Sekolah Dasar yang berprestasi dan dhuafa, Sabtu (13/2).

Lazismu Bireuen, Aceh, sedang fokus pada isu pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu program unggulan dari enam pilar program Lazismu yang digaungkan oleh Lazismu Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 

Terkait dengan program ini, lazismu Bireuen membebaskan SPP siswa yang berpretasi namun dhuafa. Ketua Lazismu Bireuen Fajar Ardiansyah bersyukur karena Lazismu Bireuen dapat membantu siswa-siswi tersebut.

“Alhamdulillah kami diberikan kemudahan Allah membantu siswa-siswa calon pemimpin negeri yang memiliki prestasi namun kurang mampu dalam finansial. Seperti saat ini kami meberikan beasiswa mentari pada belaan siswa sekolah dasar setempat,” ujar Fajar Ardiansyah, Sabtu (13/2).  

Menurut Fajar, jumlah siswa penerima Beasiswa Mentari dari Lazismu Bireuen adalah 11 anak. Hal ini dijelaskan Fajar usai menyerahkan beasiswa tersebut kepada siswa bersangkutan di SDN 3 Bireuen. 

Beasiswa ini merupakan bentuk kepedulian Lazismu terhadap siswa dhuafa namun mempunyai semangat tinggi mengejar prestasi. “Semoga dengan bantuan ini bisa bermanfaat bagi mereka yang menerimanya,  bertambah semangatnya dalam belajar menuntut ilmu,” imbuh Fajar sebagaimana dilansir dari matahati.

Menurut Fajar, bantuan ini sebagai bentuk komunikasi filantropi antara Lazismu dengan lembaga di luar Amal Usaha Muhammadiyah. Ia menyebut bahwa memperluas kerjasama program filantropi dengan sekolah di luar AUM memang sangat perlu agar manfaat bisa dirasakan oleh masyarakat secara lebih luas.

Sementara itu, kepala sekolah SDN 3 Bireuen, Murtala mengucapkan terima kepada Lazismu Bireuen karena sudah memberikan beasiswa kepada siswa-siswinya. SDN 3 Bireuen juga akan menggalakkan program filantropi celengan cilik dari Lazismu agar siswa yang dibantu dapat lebih banyak lagi.

Diungkapkan Murtala, kerjasama antara SDN 3 Bireuen dengan Lazismu sudah sejak awal tahun ajaran baru 2020 lalu. Bahkan beberapa bulan kemarin Lazismu membantu 3 paket schollkit berupa tas untuk anak berprestasi. 

Sebelumnya, Lazismu Bireuen juga menyalurkan bantuan berupa rendangmu sejumlah 2 dus dan 15 paket sembako untuk korban banjir di Kabupaten Aceh Utara, Rabu (23/12/2020).

Reporter: Yusuf