Gelar Program UMKM Berdaya, Lazismu Purbalingga: Kita Akan Buat Tim Pendamping Khusus

17/12/2020

PURBALINGGA - Dalam rangka melaksanakan program UMKM Berdaya, Lazismu Purbalingga menyalurkan bantuan keranjang pikul es dawet dan gerobak martabak mini kepada dua pengusaha UMKM di Kelurahan Bancar, Kecamatan Purbalingga, Purbalingga, Rabu (16/12). 

Penyerahan ini dihadiri oleh Andi Pranowo, Manager Lazismu Purbalingga; H Jubaedi, Wakil Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Purbalinnga; Katamso, Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Bancar; dan Selo, Kepala Kelurahan Bancar.

Jubaedi, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Lazismu Purbalingga yang disalurkan kepada warga di Ranting Muhammadiyah Bancar. Menurutnya program ini mampu menjadi terobosan untuk membantu warga mencari mata pencaharian.

Sementara itu, Selo menjelaskan bahwa Perangkat Desa Bancar sedang fokus penanganan pandemi covid-19 dan membuat jaring pengaman sosial sehingga perlu sinergi dengan berbagai lembaga sosial, yang salah satunya adalah Lazismu.

Andi Pranowo menyebut bahwa program UMKM Berdaya dilaksanakan berdasarkan hasil analisa Tim Program Lazismu Purbalingga. Dua penerima manfaat sebelumnya telah disurvei dan dilihat potensi usahanya oleh Lazismu.

Kedua penerima manfaat akan menjadi UMKM binaan Lazismu Purbalingga dan Lazismu Purbalingga akan melakukan pendampingan terhadap UMKM binaan tersebut.

"Nanti ada proses pemantauan dan pendampingan program agar usaha ini bisa menjadi mata pencaharian bagi keluarga. Mustahik bilang kalau belum ada lembaga yang membantu. Alhamdulillah Lazismu bisa memberikan bantuan. Mereka merasa sangat diperhatikan oleh Muhammadiyah," ujar Andi kepada lazismu.org.

Menurut Andi, pendampingan yang akan dilakukan berupa pemberian pengetahuan tentang pembukuan dan hal-hal terkait usaha lainnya. Sejauh ini, Lazismu Purbalingga sudah memiliki enam UMKM binaan yang selalu dipantau oleh Lazismu Purbalingga.

"Tahun 2020 kita memang agak lemah di pendampingan. Tapi nanti di tahun 2021 kita akan bentuk tim pendampingan ekonomi khusus untuk Program UMKM Berdaya ini. Tim ini akan benar-benar memantau, membantu, dan memonitoring UMKM-UMKM yang sudah kita bina agar menjadi berdaya," imbuhnya melalui saluran telepon. (Yusuf)