Karantina Mandiri, Lazismu Banyumas Salurkan Bantuan Sembako

04/12/2020

BANYUMAS - Lazismu Banyumas menyerahkan bantuan ketahanan pangan kepada warga terdampak Covid-19 di Desa Kutasari, Kecamatan Baturaden, Banyumas. Bantuan ini langsung diberikan oleh manajer Lazismu Banyumas, Sabar Waluyo di Posko Satuan Tugas (Satgas) Covid 19 Desa Kutasari pada Senin (1/12).

Sebelumnya, sebagaimana dilansir dari lazismubanyumas.org, sebanyak 16 warga desa kutasari menjalani tes SWAB dan hasilnya mereka positif terkena Covid-19. 16 warga ini kemudian dibawa ke tempat karantina pasien di Baturaden. 

Menurut Tansah Pinayungan, Tim Media Lazismu Banyumas, sebagai tindakan pencegahan penularan, Satgas Covid-19 kutasari melakukan upaya perintah karantina mandiri kepada keluarga yang sebelumnya sudah melakukan kontak langsung dengan warga yang terkonfirmasi positif covid-19.

Hasilnya, 16 Kepala keluarga (KK) harus melakukan karantina mandiri dirumah masing–masing. Lebih dari 60 jiwa yang terpaksa tidak boleh keluar rumah sebagai upaya untuk mengurangi resiko penularan lebih meluas.

Tansah menyebut bahwa 16 KK tersebut dikarantina sejak Jumat (27/11) hingga Jumat (11/12). "Subsidi makan dari pemerintah kurang maksimal sehingga Lazismu tetap harus membantu," jelasnya melalui pesan tertulis.

Siti Malihah, Koordinator Satgas Covid-19 Kutasari mengatakan warga yang dikarantina tidak boleh keluar sama sekali dari rumah. "Nanti kalau mereka keluar rumah, maka virusnya akan menyebar kemana-mana. Masyarakat yang terkena justru lebih banyak lagi," jelasnya.

Melihat hal tersebut, Lazismu Banyumas memberikan bantuan ketahanan pangan kepada 16 KK yang melakukan karantina mandiri dirumahnya. Bantuan ini berisi Rendangmu. Rendangmu merupakan makanan produk hasil daging qurban yang dikelola oleh Lazismu Banyumas dan bahan makanan pokok seperti beras, minyak, telur dan lain–lain.

Ucapan terimakasih juga diberikan oleh Siti Malihah kepada Lazismu Banyumas atas bantuan yang diberikan. “Saya sangat amat ucapkan terimakasih kepada Lazismu yang telah memberikan bantuan moril dan bahan makanan pokok,” ucapnya kepada tim media Lazimu.

Manajer Lazismu Banyumas juga memberikan doa kepada pasien positif dan warga yang terdampak agar lebih tabah, diberikan kesehatan, dan pandemi segera berakhir.