Kekeringan, SD Muhammadiyah Palur Gandeng Lazismu Sukoharjo Salurkan Air Bersih

12/10/2020

SUKOHARJO - Desa Ngreco, Kecamatan Weru, Sukoharjo tengah dilanda kekeringan. Sumur-sumur di Desa Ngreco sudah kering sejak dua bulan yang lalu. Melihat hal tersebut, Lazismu Kabupaten Sukoharjo bersama SD Muhammadiyah Palur Sukoharjo menyalurkan donasi berupa dua tangki air bersih pada hari Rabu (30/10).

Penyaluran ini diserahkan secara langsung oleh Muslih, Eksekutif Program & Media Lazismu Kabupaten Sukoharjo, bersama dengan Supadi, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Palur beserta segenap tim Lazismu maupun SD Muhammadiyah Palur. Menurut keterangan Muslih, ada 4 desa di Kecamatan Weru yang mengalami kekeringan.

“Masyarakat berterimakasih sudah dibantu. Mengingat sumur-sumur di sana sudah dua bulan kering, jadi mereka harus mencari air ke tempat yang agak jauh untuk kebutuhan sehari-hari,” imbuhnya melalui saluran telepon.

Ia menyebut bahwa ada rencana untuk membangun sumur. Karena pemberian donasi air bersih adalah program jangka pendek, maka perlu program jangka panjang untuk menanggulangi kekeringan. Salah satunya adalah dengan pembuatan sumur yang lebih dalam.

“Hampir setiap musim kemarau yang panjang daerah itu selalu mengalami kekeringan. Jadi kita rencanakan penanggulangan yang sifatnya jangka panjang. Tapi masih perlu banyak persiapan, survey, fundraising, dan lain-lain,” imbuhnya.

Joko Priyono, Ketua RT 2 Sambirejo, Ngreco menyampaikan bahwa desa mereka sudah dua bulan mengalami kekeringan. Ia sangat mendukung program-program yang dilakukan oleh Lazismu Sukoharjo dan juga SD Muhammadiyah Palur.

“Trimakasih banyak karena sudah dibantu air bersih, air ini akan sangat bermanfaat bagi kami. Matursuwun sanget (terima kasih banyak),” ujar salah satu warga.

Donasi dua tangki air bersih ini berasal dari infaq SD Muhammadiyah Palur Sukoharjo dan dalam penyalurannya bekerjasama dengan Lazismu Sukoharjo. Sebelumnya, Sekolah ini sudah sering bersinergi dengan Lazismu Kabupaten Sukoharjo dalam berbagai program kemanusiaan. (Yusuf)