Kerja Sama dengan Komunitas Motor, Lazismu Garut Salurkan Mushaf Alquran

09/03/2021

GARUT - Lazismu Garut melakukan kerja sama dengan Komunitas Motor XTC 09 Pakidulan, GMaXS, Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Cabang Pameungpeuk, dan beberapa aktivis kemanusiaan di Garut Selatan untuk menyalurkan 800 Mushaf Alquran, Iqra', dan Juz Amma dalam program Pengentasan Garut Darurat Quran.

Komunitas motor, IPM, dan beberapa aktivis kemanusiaan tersebut akan membantu Lazismu Garut dalam menyalurkan Alquran ke masjid dan madrasah di pelosok Garut Selatan, seperti Kecamatan Caringin, Cisewu, Talégong, Bungbulang, Cisompét, Cikelét dan Pameungpeuk. 

Penyerahan dari Lazismu kepada komunitas motor dilakukan pada Sabtu (6/3) di tepian pantai Karangpapak Pameungpeuk Garut Selatan.

Zaenal, penggagas program Pengentasan Garut Darurat Program menyebut bahwa anak-anak muda di Garut Selatan jauh lebih mudah mengakses internet daripada mengakses Alquran. Hal ini berbanding terbalik dengan di perkotaan, di mana geliat terhadap Alquran seperti sekolah tahfidz sedang menjamur.

"Ini sangat kontradiktif dengan kecenderungan anak anak di pelosok kampung, di pinggir hutan, di pinggir pantai, akses terhadap Quran lebih sulit dibanding dengan akses pada Internet,” tegas Zaenal sebagaimana dilansir dari Garut Bicara.

Menurutnya, anak-anak desa yang ingin membeli Alquran harus naik ojek, transit dengan elf, kemudian dilanjutkan dengan angkot, baru bisa membeli Alquran. Kondisi ini yang membuat pihaknya untuk melakukan program Pengentasan Garut Darurat Quran.

Sementara itu, Ketua Lazismu Garut Asep Muslim Nurdin berterima kasih kepada seluruh pihak yang turut mensukseskan program tersebut. Menurutnya partisipasi dari komunitas motor, IPM, dan aktivis kemanusiaan sangat membantu Lazismu Garut dalam mendistribusikan Mushaf Alquran dengan jumlah besar tersebut.

"Ini adalah sebuah perjuangan yang tidak sederhana, penuh liku dan tantangan, dan yakinlah, barangsiapa menunjukan jalan kebaikan, pahalanya sama dengan orang yang mengerjakannya, maka yakinlah setiap ayat yang dibaca dari Quran yang kita sampaikan, akan mengalirkan pahala yang tak henti,” ujarnya.

Kegiatan penyerahan mushaf Alquran tersebut diakhiri dengan penyerahan amanah secara simbolis dan bersama-sama menikmati nasi uduk seafood di pinggir pantai.

Reporter: Yusuf