Kiai Tafsir Salurkan Bantuan Logistik untuk Korban Banjir di Pati

18/02/2021

PATI - Kiai Tafsir, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah menyalurkan bantuan logistik untuk korban banjir di Pati, di Kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pati, Selasa (16/2).

Kiai Tafsir didampingi oleh Direktur Lazismu Jawa Tengah Ikhwannushoffa, Manager Teritori Lazismu Jawa Tengah Agus Alwi, dan Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana/MDMC Ahmad Dawam. 

Dalam penyerahan tersebut, Kiai Tafsir menyebut bahwa musibah adalah perilaku alam dalam menyeimbangkan kehidupannya. Ketika manusia tidak berkemampuan mengelola isi alam, maka alam akan mengatur dirinya sendiri. Ketika alam menyeimbangkan kehidupannya sendiri, maka muncullah musibah sebagai responnya. 

Bantuan diserahkan kepada Ketua PDM Pati Muhammad Asnawi. Muhammad Asnawi menyampaikan terima kasih atas kunjungan langsung Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah.

"Terima kasih kepada Ketua PWM Jawa Tengah yang langsung meninjau banjir, dan bantuan logistiknya, sehingga bisa memotivasi masyarakat korban banjir dan memperlancar stok logistik kami di dapur umum yang kami dirikan," ujar Asnawi.

Dalam kesempatan terpisah, Sekretaris PDM Pati Muhammad Taufik juga menyampaikan apresiasi yang sangat dalam atas kunjungan Kyai Tafsir dan rombongan.

"Tentu ini akan menyemangati masyarakat terdampak dan kami untuk secepatnya menangani musibah banjir ini sampai air surut," ujarnya. 

Taufik menjelaskan bahwa PDM melalui MDMC dan LAZISMU menyiapkan Posko Banjir Induk di Kantor PDM Pati dan dapur umum di SMP Muhammadiyah Pati, Jalan RA Kartini. Posko ini untuk menampung penggalangan logistik warga, menyiapkan makanan siap saji tiap, obat-obatan, susu bayi, suplemen lansia dari sekitar 2100 KK atau sekitar 5500 warga terdampak.