KL Lazismu Universitas Muhammadiyah Lamongan Berikan Beasiswa kepada Mahasiswa dan Muadzin

26/02/2021

LAMONGAN - Kantor Layanan Lazismu Universitas Muhammadiyah Lamongan (Umla) memberikan beaiswa kepada 12 mahasiswa dan 4 muadzin, Senin (22/2).

Umla memberikan beasiswa itu secara langsung melalui Wakil Rektor III HM Bakri Priyo Dwi Atmaji SKp.

Dilansir dari pwmu, Bakri mejelaskan bahwa masing-masing mahasiswa penerima manfaat mendapatkan beasiswa sebesar Rp 2 juta ini per semester. Di setiap semester, kampus akan melakukan evaluasi terhadap prestasi mahasiswa tersebut.

“Dana ini dikumpulkan dari seluruh karyawan Umla. Mulai dari rektor sampai karyawan lain. Besarnya 2,5 persen dari gaji setiap bulan,” jelasnya.

Menurut Bakri, beasiswa ini tidak hanya diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi. Ada juga untuk untuk santri berprestasi dan mahasiswa yang tidak mampu. Beasiswa untuk kader persyarikatan juga menjadi prioritas dari KL Lazismu Umla.

“Penerima beasiswa dari Lazismu Umla ini harus aktif dalam mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan al-Islam dan kemuhammadiyahan,” imbuh Bakri.

Ketua KL Lazismu Umla Tatag Satria Praja, menyebut bahwa pemberian beasiswa dilakukan melalui dua jalur. Pertama, jalur kader yang bertujuan untuk kaderisasi Muhammadiyah. Kedua, jalur akademis untuk membantu mahasiswa yang kurang mampu secara finansial.

“Kami juga memberikan beasiswa dan intensif bulanan untuk mahasiswa yang menjadi muadzin. Jumlahnya empat orang. Saya bersyukur KL Lazismu Umla yang baru dibentuk tujuh bulan yang lalu itu sudah bisa memberi manfaat,” kata pria yang menjabat sebagai Kepala Lembaga AIK (Al Islam dan Kemuhammadiyahan) ini.

Dia menyampaikan, mahasiswa yang menerima beasiswa mendapat amanah untuk mengurus Lazismu dan kegiatan masjid. 

Wakhid Maulana Putra, mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah sekaligus penerima beasiswa mengungkapkan beasiswa ini sangat membantunya.

“Di samping Itu merupakan bentuk apresiasi kepada saya sebagai kader persyarikatan,” jelas alumnus Pesantren Al Mizan Muhammadiyah Lamongan.