Kolaka Utara Terendam Banjir, MDMC dan Lazismu Konawe Salurkan Bantuan

06/01/2021

KOLAKA UTARA - 16 desa/kelurahan di Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara terendam banjir pada Sabtu (2/1). Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kolaka Utara, terdapat dua desa tambahan yang terdampak. Yaitu Desa Sulaho, Kecamatan Lasusua, dan Desa Woise Kecamatan Lambai.

"Ini adalagi tambahan dua desa yang terdampak, kemarin kan cuma 14 desa/kelurahan. Kemarin itu tanggal 31 Desember 2020 adalagi banjir di Desa Sulaho dan Woise," ujar Ketua Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kolaka Utara, Liderti saat dihubungi di Kendari, Sabtu (2/1/2021). 

Dilansir dari Okezone, Ia memaparkan, ke-16 desa/kelurahan terdampak banjir tersebut tersebar di empat kecamatan, yakni Lasusua, Lambai, Ranteangin dan Kecamatan Wawo.

"Di Kecamatan Lasusua desa yang terdampak, yaitu Desa Batuganda, Rantelimbong, Tojabi, Patowonua, Lasusua, Pitulua, Puncak Monapa, dan satu desa tambahan yaitu Desa Sulaho," jelasnya.

Kedua, lanjut dia, di Kecamatan Lambai, desa terdampak yaitu Desa Latawaro dan satu desa tambahan yaitu Desa Woise. Ketiga di Kecamatan Wawo terdapat dua desa terdampak yaitu Desa Pumbolo dan Desa Tinukari. 

Berikutnya di Kecamatan Ranteangin terdapat empat desa terdampak banjir yaitu Desa Rantebaru, Kelurahan Ranteangin, Desa Landolia, dan Desa Maroko.

"Secara keseluruhan jumlah keluarga terdampak banjir hingga saat ini (per 2 Januari 2021) sebanyak 1.090 Kepala Keluarga (KK), 5.236 jiwa dengan rincian 2.727 laki-laki dan 2.435 perempuan," tuturnya.

Meskipun demikian, ia menyampaikan bahwa masyarakat yang rumahnya kategori rusak ringan telah kembali ke rumah masing-masing, setelah pihaknya bersama OPD terkait bahu membahu membersihkan lumpur yang menggenangi rumah warga terdampak banjir di daerah itu. 

Ketua Tim Relawan Lazismu Konawe, Sulawesi Tenggara H. Baso Abdulkadir menyebut bahwa sebagian pengungsi yang rumahnya masih layak huni sudah kembali ke rumah masing-masing. Sementara itu, sebagian yang lain menumpang di rumah kerabat dan di posko.

“MDMC Sulawesi Tenggara, Lazismu Konawe, bersama Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Konawe langsung turun ke lokasi banjir bandang di Desa Batu Ganda, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara,” ujarnya melalui pesan tertulis.

Ia menyebut bahwa Lazismu bersama MDMC memberikan bantuan berupa paket sembako berisi beras, minyak goreng, susu, kopi, gula, dan telur. Selain itu, relawan-relawan Muhammadiyah juga memberikan bantuan material untuk pembangunan dan perbaikan rumah yang rusak.

Reporter: Yusuf