Kuatkan Ekonomi Pemuda, PCPM Wangon Banyumas Dirikan Angkringan

14/12/2020

BANYUMAS - Manajer Lazismu Banyumas, Sabar Waluyo resmikan angkringan perkasa milik Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Wangon pada hari Sabtu (12/12).

Angkringan ini merupakan bentuk dari program perberdayaan UMKM Lazismu Banyumas dengan tujuan merubah nasib mustahik menjadi muzaki. Melalui Kantor Layanan (KL) Wangon, Lazismu Banyumas memberikan bantuan untuk berdirinya angkringan yang bertempat di Jl. Raya Wangon, Kecamatan Wangon ini.

Acara peresmian ini dihadiri oleh PCPM Ajibarang, PCPM Wangon, Komandan Komando kesiapsiagaan angkatan muda Muhammadiyah (KOKAM) Wangon, dan Kantor Layanan (KL) Lazismu Wangon.

Dilansir dari lazimubanyumas.org, Nurma Hasan, sekretaris PCPM Wangon mengungkapkan bahwa angkringan ini adalah bentuk inisiatif dari PCPM Wangon sebagai upaya penguatan ekonomi pemuda. 

Supriyadi, koordinator angkringan juga menambahkan bahwa angkringan ini bisa menjadi tempat syiar dakwah anak muda.

“Ini adalah inisiatif dari teman–teman Pemuda Muhammadiyah untuk pembangunan ekonomi pemuda dan tempat berkumpulnya anak muda dan juga syiar Islam kepada anak muda,“ ujar Nurma kepada tim media Lazismu banyumas.

Selaras dengan Nurma Hasan, Imam Sugiarto, Ketua KL Lazismu Wangon mengutarakan bahwan angkringan ini tercetus oleh anggota–anggota PCPM Wangon yang kemudian berkoordinasi dengan KL Lazismu Wangon. Respon KL Lazismu Wangon kemudian diteruskan ke Lazismu Daerah dan akhirnya terealisasi bersama berdirinya angkringan perkasa ini.

“Tentunya kami berterimakasih kepada manajer Lazismu Banyumas yang telah hadir melaunching UMKM binaan Lazismu di KL Lazismu Wangon. Harapan kami bukan hanya yang mengelola tetapi juga yang datang kesini bisa berzakat infak dan shodaqoh," ujar Sugiarto.

Angrkingan ini buka dari pukul empat sore hingga pukul dua belas malam dengan enam hari kerja. Surip Supriyadi menjelaskan bahwa ada tiga orang yang menjaga dan saling berbagi tugas dari mulai berbelanja, memasak, dan mempersiapkan tempat.

Bantuan UMKM angkringan ini sudah menjadai program pemberdayaan UMKM ke – 30 yang dilaksanakan oleh Lazismu Banyumas. Banyaknya program pemberdayaan ini menunjukan profesionalitas Lazismu Banyumas dalam melaksanakan tugasnya sebagai amil dalam bentuk nyata. (Tansah)