Lazismu Aceh Barat Menerima Zakat Senilai Rp. 8.000.000,-

12/01/2021

ACEH BARAT - Lazismu Aceh Barat menerima zakat senilai Rp. 8.000.000,- dari H. Abdul Kawi, Sp dan keluarga serta Rp. 1.000.000,- dari muzakki lain, Sabtu (9/1).

H. Abdul Kawi merupakan salah satu pengurus Lazismu Aceh Barat. Zakat diterima oleh Bendahara Lazismu Aceh Barat T. Syarifuddin, SE., M.Si Dan Sekretaris Lazismu Aceh Barat Mukhtaruddin, SP di Kantor Lazismu Aceh Barat, Jl. Tgk. Dirundeng No. 38, Kompleks Masjid At Taqwa Muhammadiyah Aceh Barat.

Mukhtaruddin menyebut bahwa muzakki berpesan agar zakat disalurkan kepada yang berhak menerima sesuai dengan fikih zakat. Ia berharap agar muzakki terus mempercayakan zakat serta dana sosial lainnya kepada Lazismu Aceh Barat.

"Kalau muzakki mempercayakan kepada kami, penerima manfaat dari Lazismu Aceh Barat akan terus meningkat. Program-program Lazismu akan kita jalankan dengan sebaik-baiknya sesuai amanah yang telah ditetapkan," ujarnya kepada lazismu.org.

Sebelumnya Lazismu Aceh Barat juga menerima bantuan senilai Rp. 1.000.000,- dari Bank BSM Meulaboh pada Selasa (5/1) untuk kerja sama pengadaan kalender 2021.

Donasi tersebut langsung diterima oleh Sekretaris Lazismu Aceh Barat Mukhtaruddin, SP bersama staff Lazismu Aceh Barat di Kantor Bank BSM Meulaboh, Aceh Barat. Diserahkan secara langsung oleh Direktur Bank BSM Meulaboh. Ia menyebut bahwa kerja sama kalender ini telah dilaksanakan untuk kedua kalinya sejak tahun 2020.

"Kalender sudah jadi. Nanti akan kita jual ke ayahanda Muhammadiyah, ibu-ibu 'Aisyiyah, aktivis-aktivis Angkatan Muda Muhammadiyah, dan juga masyarakat luas. Hasil penjualannya kita masukkan ke dana sosial Lazismu Aceh Barat," imbuhnya.

Lazismu yang berdiri secara resmi pada tahun 2018 ini sedang fokus pada pembagian masker kepada masyarakat sekaligus sosialisasi protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Selain itu, Lazismu Aceh Barat juga akan melakukan penyaluran zakat yang bekerja sama dengan Yayasan Baitul Mal PLTU Nagan Raya sebesar Rp. 16.000.000,- pada Rabu (20/1). Distribusi zakat ini berbentuk uang kepada 37 mustahik fakir miskin.

“Kita salurkan berupa uang tunai karena ini merupakan amanah dari Yayasan Baitul Mal PLTU Nagan Raya. Ini merupakan kepercayaan mereka, jadi harus kita tunaikan dengan baik,” imbuhnya.

Di kegiatan nanti, imbuh Mukhtaruddin, Lazismu Aceh Barat akan membagikan masker dan menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. Hal tersebut dijalankan sebagai bentuk penghargaan kepada instruksi dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC).

Reporter: Yusuf