Lazismu Gresik Kota Baru Salurkan Donasi Kebencanaan 106 Juta Rupiah

12/02/2021

GRESIK - Lazismu Gresik Kota Baru menyalurkan donasi untuk bencana di beberapa daerah sebesar 106 juta rupiah.

Ketua Lazismu Kantor Layanan (KL) GKB Gresik Suwono STP MM mengatakan donasi yang diserahkan ke Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Gresik terkumpul sebesar 106.832.200. Donasi ini ter-update sampai dengan Jumat (5/2/21).

“Donasi ini didapat dari empat amal usaha Muhammadiyah (AUM) di lingkungan Majelis Dikdasmen PCM GKB. Yaitu dari SD Muhammadiyah 1 GKB Gresik, SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik, SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik, dan SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik,” ujarnya sebagaimana dilansir dari pwmu.

Selain dari empat AUM pendidikan tersebut, jelas Suwono, donasi juga berasal dari jamaah Masjid Taqwa SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik, Pimpinan Cabang Aisyiyah GKB, dan masyarakat sekitar.

Menurut keterangannya, donasi tersebut akan diserahkan ke beberapa titik bencana seperti banjir di Jawa Tengah dan kalimantan Selatan serta gempa di Sulawesi Barat.

“Kami akan menyalurkan sesuai amanat untuk saudara-saudara yang saat ini sedang tertimbah musibah. Semoga donasi ini bisa membantu,” harapnya.

Semenrara itu, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) GKB Gresik Muhammad Jufrie BE SSos menyebut bahwa Muhammadiyah adalah gerakan sosial. 

Menurutnya, pemberian donasi seperti ini adalah cermin bagaimana Muhammadiyah bergerak cepat dalam meringankan beban pada masyarakat yang kena bencana.

"Semoga donasi yang berhasil dihimpun Lazismu KL GKB Gresik ini bisa disalurkan ke dareah-daerah di Indonesia yang saat ini terkena musibah," ujarnya.

Dia memaparkan selain turut memberikan donasi untuk bencana nasional sesuai instruksi dari PP, PWM Jawa Timur, dan PDM Gresik, Lazismu GKB Gresik juga memberikan bantuan untuk masyarakat di 4 kacematan di Gresik yang terdampak banjir, mulai dari Balongpanggang, Benjeng, Cerme, dan Menganti.

Kepala SD Muhammadiyah 1 GKB Gresik Muhammad Nur Qomari SSi mengatakan donasi dari siswanya yang diserahkan ke Lazismu KL GKB Gresik dia harapkan bisa sedikit meringankan para korban bencana alam di Indonesia.

“Agar semua siswa semakin terbiasa dan terus tumbuh karakter pedulu dengan sesama. Ini salah satu model pendidikan riil dari sekolah ketika melihat saudara-saudara yang tertimpah musibah. Semoga pendidikan karakter bagi siswa,” harapnya.