Lazismu KL Tepus, Purbalingga Gelar Launching Mobil Layanan Sosial dan Dakwah

15/12/2020

PURBALINGGA - Pada hari Minggu (13/12), Lazismu KL Ranting Tepus, Kecamatan Rembang, Purbalingga menggelar Launching Mobil Layanan Sosial dan Dakwah.

Dalam kegiatan tersebut, H. Hambali, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Losari, Rembang menyebut bahwa 6 Kantor Layanan Lazismu yang ada di Cabang Losari, Rembang harus fokus pada pengentasan mustahik di area masing-masing. Karena di Kecamatan Rembang banyak masyarakat yang membutuhkan mobil layanan sosial, maka setiap KL perlu memiliki mobil layanan sosial dan dakwah.

Ia menyebut bahwa kepemilikan mobil layanan sosial dan dakwah adalah strategi yang bagus untuk melakukan dakwah di Tepus. Ia berharap agar Lazismu mampu memberikan perhatian kepada warga yang membutuhkan bantuan.

Launching tersebut diresmikan oleh Andi Pranowo, Direktur Lazismu Purbalingga. Andi mengapresiasi KL Lazismu Tepus yang telah mengadakan program optimalisasi mustahik dalam bentuk pengadaan mobil layanan sosial dan dakwah. 

Menurutnya, mobil layanan sosial dan dakwah ini menjadi inspirasi baru di 176 Ranting dan 24 Cabang yang ada di Kabupaten Purbalingga. 

"Lazismu harus melakukan pemetaan mustahik. Ini sangat penting. Kita harus punya data berapa jumlah pasien, berapa jumlah fakir miskin, berapa jumlah sabilillah, dan jumlah asnaf yang lain harus diketahui," terangnya melalui saluran telepon.

Ia juga menyebut bahwa sebagai platform yang dipercaya, Lazismu harus mampu berperan bagi masyarakat.

Menurutnya mobil tersebut akan digunakan untuk beberapa hal seperti keperluan dakwah para dai di sekitar Losari, antar jemput pasien, dan keperluan lain.

"Kita memilih mobil layanan sosial dibandingkan dengan ambulan karena masyarakat agak canggung ketika menggunakan mobil ambulan. Selain itu, penggunaannya juga lebih fleksibel dibandingkan dengan mobil ambulan," imbuhnya.

Jarmono, Ketua KL Lazismu Tepus menyebut bahwa dengan banyakanya pasien dan banyaknya program kemanusiaan yang ada di wilayah tersebut, maka perlu trobosan pengadaan mobil sosial dakwah dan kemuniasaan.

Menariknya, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Losari, Rembang memiliki 5 Kantor Layanan di setiap desa dari total 10 desa yang ada di Kecamatan Rembang.

Selain Lazismu Purbalingga dan PCM Losari, Launching mobil layanan tersebut juga dihadiri oleh Ketua Umum Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Purbalingga yang sekaligus memberikan tausiyah. (Yusuf)