Lazismu Purbalingga Salurkan Bantuan Bencana Tanah Bergerak

14/01/2021

PURBALINGGA - Lazismu Purbalingga mentasyarufkan bantuan tanggap bencana tanah bergerak dan longsor yang menimpa Desa Banjarsari, Kecamatan Bobotsari dan Dusun Bawahan, Desa Gunungwuled, Kecamatan Rembang, Rabu (13/1).

Pentasyarufan disampaikan oleh Direktur Lazismu Purbalingga Andi Pranowo. Ia didampingi pemerintah desa setempat, RT RW setempat, dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) setempat guna menjadi saksi dalam pemberian bantuan tersebut.

Kabupaten Purbalingga termasuk ke dalam daerah tropis yang masih mengalami rutinitas curah hujan masih tinggi. Curah hujan tinggi tersebut diperkirakan masih terjadi sampai bulan Maret 2021. Hal tersebut menyebabkan tanah lembab dan bergerak di berbagai titik wilayah Purbalingga. 

Dalam rilis resmi yang dikeluarkan oleh Lazismu Purbalingga, Lazismu Purbalingga melalui program Tanggap Bencana senantiasa cepat dalam merespon kejadian tersebut yang membuat masyarakat cemas dan mengalami kekhawatiran.

Muhammadiyah Disaster Manegement Center (MDMC) Purbalingga melaporkan bahwa bencana tanah bergerak terjadi pada Jumat (4/12), Sabtu (5/12), Sabtu (12/12), dan Senin (4/1). Di Dusun Pagersari, Desa Tumanggal, Kecamatan Pengadegan tanah bergerak berdampak kepada 672 jiwa dan membuat 108 unit rumah rusak.

Sementara itu, tanah bergerak di Dusun II, Desa Sidanegara, Kecamatan Kaligondang berdampak kepada 82 jiwa dan membuat 22 unit rumah rusak. Di Desa Arenan, RT 3/5 Kecamatan Kaligondang berdampak kepada 17 jiwa dan mengakibatkan 3 unit rumah rusak sedang dan rusak berat.

Di Desa Pepedan, Kecamatan Karangmoncol, 17 jiwa terdampak dan 5 unit rumah rusak. 5 unit rumah tersebut, 2 di antaranya rusak sedang, 2 rusak berat, dan 1 unit rumah berstatus terancam.

Saat ini sebagian warga masih berada di pengungsian. Di Desa Sidanegara, ibu-ibu dan anak-anak diungsikan ke rumah saudara masing-masing yang lebih aman. Sementara bapak-bapak melakukan ronda. Warga Pepedan, Kecamatan Karangmocol sudah mulai memperbaiki rumah masing-masing yang rusak.

Pos Koordinasi PDB Muhammadiyah melakukan pendampingan di empat lokasi, antara lain (a) Dusun Pagersari, Desa Tumanggal, Kecamatan Pengadegan: (b) Dusun II, Desa Arenan, Kecamatan Kaligondang; (c) Desa Arenan, Kecamatan Kaligondang; dan (d) Desa Pepedan, Kecamatan Karangmoncol.e

Kebutuhan korban saat ini, sebagaimana dilaporkan oleh MDMC Purbalingga adalah obat gatal/alergi, obat diare, salep, obat pusing/anti nyeri, obat sesak nafas, obat batuk, obat mual, muntah, perut kembung, obat pencernaan, vitamin, hipertensi, antibiotik, kaso, calsiboard, seng, beras, minyak goreng, gula pasir, energen, kopi susu, teh, dan kecap.


Reporter: Yusuf