Lazismu Solo Kerjasama Bangun Sumur Wakaf Muhammadiyah di Daerah Kekeringan

01/12/2020

GUNUNG KIDUL – Kelurahan Pengkok adalah wilayah di Kabupaten Gunung Kidul yang setiap tahun mengalami kekeringan saat musim kemarau. Sejak gempa Jogja tahun 2006, banyak sumber air milik warga yang hilang dan tidak bisa dimanfaatkan kembali. Walaupun tanahnya subur namun kebutuhan air bersih untuk sehari-hari ketika musim kemarau tidak mencukupi sehingga masyarakat harus membeli air.

Kondisi tersebut memantik perhatian dari Lazismu Kota Solo untuk melakukan pentasarufan program produktif berupa Sumur Wakaf Muhammadiyah. Lazismu Solo kemudian bekerja sama dengan MDMC Gunung Kidul, Lazismu Gunung Kidul, Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Pengkok, dan Pemerintahan Desa Pengkok. 

Bantuan yang diberikan berupa pengeboran sumur sedalam 96 meter di tanah wakaf milik warga. Serah terima Sumur Wakaf Muhammadiyah dari berbagai pihak ke penerima manfaat dilaksanakan pada hari Ahad (29/11) di lokasi sumur dibangun. Sumur mulai dibangun sejak hari Sabtu (10/10).

Cahyo, Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah Pengkok menjelaskan bahwa sumur wakaf Muhammadiyah ini sangat dinanti oleh warganya. Sebab setiap musik kemarau masyarakat hanya membeli air dari tangki.

"Setiap beli 5000 liter itu hanya untuk dua minggu. Banyak warga yang kesulitan membeli air sehingga harus menjual hewan ternak dan menunggu bantuan dari pemerintah,” jelasnya.

Ia berharap hadirnya sumur wakaf bantuan dari Muhammadiyah bisa membantu warga dan memberikan solusi jangka panjang untuk mengatasi kekeringan. Sumur ini kedepan akan dikelola oleh PRM Pengkok agar bisa memberikan kebermanfaatan yang luas untuk masyarakat. Penerima manfaat program ini mencapai 125 KK, satu masjid, dan 3 lahan pertanian. 

KH. Najmuddin Zuhdi, Ketua Dewan Syariah Lazismu Solo berharap agar masyarakat bisa mengelola dengan baik, sebab donatur sangat berharap bahwa air yang mengalir dan kemudian dimanfaatkan oleh warga bisa menjadi pahala yang mengalir layaknya air yang keluar dari sumbernya.

"Atas nama Muhammadiyah Surakarta, khususnya para donatur Lazismu kami bersyukur dan terharu bisa memberikan kebahagiaan untuk warga Pengkok,” jelasnya.

Ia berharap semoga hal ini menjadi amal kebaikan para donatur dan mengalirkan manfaat tak terputus bagi para warga.