Nyaris Berhenti Kuliah, Seorang Mahasiswi Mendapatkan Bantuan 1000 Sarjana Lazismu Parepare

17/10/2020

PAREPARE - Salah seorang mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika di Kota Parepare mendapatkan beasiswa 1000 Sarjana oleh Lazismu Kota Parepare. Ia sebelumnya nyaris berhenti kuliah karena tidak mampu membayar biaya kuliah.

Mahasiswi semester tiga ini mengalami kesulitan pembayaran uang kuliah. Namun, melalui bantuan dari salah seorang dosennya, ia mengajukan bantuan pembiayaan dari Lazismu. Saiful Amir, Sekretaris Lazismu Kota Parepare membenarkan bahwa program Beasiswa 1000 Sarjana diberikan kepada salah seorang mahasiswi dari kalangan keluarga tidak mampu.

Setelah Lazismu Kota Parepare melakukan proses asesmen dan memverifikasi data serta syarat administrasi seperti Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kelurahan, Kartu Mahasiswa, Kartu Hasil Studi, KK, KTP, dan keterangan dari pihak kampus dinyatakan lengkap, maka bagian program mengunjungi rumah yang bersangkutan dan melakukan wawancara dengan orang tua penerima. 

“Maka dana bantuan studi lansung kami serahkan,” terang Saiful.

Saiful Amir menyerahkan beasiswa tersebut pada Kamis (15/10) di kantor Lazismu, Jl Jenderal Ahmad Yani KM 2 bersama beberapa staff Lazismu.

Jumiana, penerima manfaat mengaku sangat senang dan terharu karena bantuan ini sangat berarti. Ia menceritakan bahwa akibat keterbatasan ekonomi keluarga, ia nyaris putus asa karena tidak bisa melanjutkan kuliah. 

“Alhamdulillah dengan petunjuk seorang dosen saya, turut membantu mengkomunikasikan dengan pihak Lazismu Parepare. Dan hanya dalam waktu beberapa jam beasiswa ini kami terima. Sekali lagi terima kasih Lazismu,” ungkap Jumiana.

Juleha, ibu dari Jumiana mengucapkan syukur kepada Allah. Ia sejak awal khawatir putrinya tidak mampu melanjutkan kuliah karena biaya. 

“Saya khawatir anak saya akan berhenti kuliah karena kami saat ini belum mampu membayarkan kuliahnya. Saya ini hanyalah ibu rumah tangga dan bapaknya adalah seorang nelayan. Sejak beberapa bulan ini hasil tangkapannya nyaris tidak ada. jadi terima kasih banyak kepada Lazismu atas bantuannya, semoga Allah Swt membalasnya dengan pahala berlipat ganda,” jelasnya.

Hj Erna Rasyid Taufan selaku ketua Lazismu menyampaikan via daring bahwa Lazismu akan senantiasa hadir membantu kesulitan masyarakat yang tidak mampu. Ia menyebut bahwa salah satu program nasional Lazismu adalah Program Beasiswa 1000 Sarjana yang disupport melalui skema zakat, infak dan sedekah. Program ini dimaksudkan untuk membantu menyelesaikan tingginya angka kemiskinan sehingga banyak orang tua tidak mampu menyekolahkan anaknya ke jenjang lebih tinggi sampai Perguruan Tinggi.

“Maka dari itu, Lazismu dari pusat sampai daerah harus mengalokasikan dana Ziska untuk mensupport para generasi unggul agar bisa mengenyam pendidikan di bangku kuliah. Insya Allah dengan kesadaran umat Islam menunaikan zakat, infak dan sedekah melalui Lazismu maka akan semakin banyak penerima manfaat yang akan merasakan program ini khususnya dari keluarga yang tidak mampu,” ungkap Erna Rasyid.