Nyaris Roboh, Lazismu Limpung Bedah Rumah Warga Banyuputih

25/09/2020

Batang - Lazismu Limpung terpaksa merobohkan rumah Pak Agus Dwi Priyono ( 43 ), warga Desa Banyuputih, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang. Sebab, rumah tersebut dalam kondisi sudah miring dan keropos, Kamis (24/9/2020).

Senyum haru mengembang dari wajah Pak Agus (43), matanya berkaca-kaca saat tim Lazis Muhammadiyah Limpung mendatanginya. Untuk survei bantuan bedah rumah bagi keluarga Dhuafa.

Agus yang sehari-hari hanya hidup sebatangkara yang bekerja sebagai buruh serabutan ini juga sudah sering mengalami sakit sakitan. Apalagi, keadaan rumahnya sudah tidak layak huni. Rumah yang tidak terlalu besar ini masih memakai kayu lempeng yang bahkan sudah mulai usang termakan waktu. 

Lantainya berdebu karena masih beralaskan lantai sekadarnya dari semen. Atap rumahnya sudah terlihat lubang-lubang yang membuat air menerobos masuk dengan mudahnya saat hujan tiba dan juga tiang tiangnya sudah pada rapuh yang bisa roboh setiap waktu.

Penghasilannya yang pas-pasan dan penyakit yang sedang di deritanya membuat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya masih terasa sangat kurang.

“saya sangat berterimakasih mendapat bantuan dari Lazismu Limpung. Bantuan ini sangat berarti untuk saya,” ujar Agus.

Bedah rumah Pak Agus sebab rumahnya kecil, dari bahan kayu-kayunya sudah keropos dan kondisinya sudah Rusak 90%. 

"Alhamdulillah, sekarang rumah Pak Agus sudah berdiri kokoh, layak huni, aman, nyaman, dan sehat. Semoga manfaat," kata wahab, Kepala Kantor Lazismu Limpung.

Sementara itu, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Limpung dalam hal ini di wakilkan Ketua Majelis Wakaf dan ZIS, H. Imam Santoso mengatakan Lazismu akan membangun rumah yang layak.

“Melihat kondisinya, tim Lazismu Limpung membantu Pak Agus memiliki rumah layak huni dan memenuhi standar kesehatan. Rumah ini kami sudah di bangun dengan proses pengerjaan selama empat hari,” ujarnya.

Menurutnya, memiliki rumah yang sehat sangat penting, selain nyaman dihuni dengan keadaan yang baik juga untuk mencegah dari penyakit. Ia berharap dengan adanya program bedah rumah tersebut, keluarga miskin yang ada di Limpung dan sekitarnya khususnya bisa merasakan nikmatnya berkumpul dengan keluarga di rumah yang nyaman.

“Mari kita bantu saudara-saudara kita yang memiliki kesulitan dengan zakat infaq dan shodaqah mampu membantu saudara kita.” katanya. (Wahab)