Peduli Cleaning Service, Lazismu Sulsel Bantu Ibu Suprapti

28/01/2021

MAKASSAR - Wujud kepedulian terhadap sesama dilakukan Lazismu Sulsel. Dimana, Lazismu Sulsel turun langsung membantu Ibu Suprapti (40) yang tinggal bersama dengan tiga anaknya.

Supriati tinggal dengan tiga anaknya sepeninggalan Almarhum suaminya sejak 2018, sudah setahun beliau tinggal dikontrakan yang berukuran 2 x 6 m di jalan Bitoa Baru Lorong. 3 No.14 Kelurahan Bitoa, Kecamatan Manggala, Kota Makassar.

Dilansir dari Sulsel Fajar, Manager Lazismu Sulsel, Ahmad Hunain mengatakan, Suprapti saat ini bekerja sebagai Cleaning Service di salah satu perusahaan swasta di Kota Makassar. Penghasilan yang minim membuatnya harus bekerja ekstra dan terkadang harus lembur untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya terutama untuk keperluan anaknya yang masih sekolah.

“Beliau menjadi tulang punggung di keluarganya. Karena kesulitan ekonomi sejak ditinggal sang suami beliau terpaksa harus meminjam uang ke rentenir untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Meskipun sekarang beliau sudah bekerja tapi belum mampu untuk melunasi hutangny, penghasilanya hanya bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, dimasa pandemic covid-19 semakin memperburuk situasi ekonomi beliau karena sempat dirumahkan selama 3 bulan,” paparnya.

Melihat kejadian tersebut, tim Lazismu Sulawei Selatan segera melakukan survey guna melakukan pengecekan kondisi keluarga Ibu Suprapti. Survey tersebut dilakukan untuk melihat kelayakan calon mustahik guna memaksimalkan dana zakat yang sudah dititipkan para muzakki.

“Bantuan Pelunasan Bantuan Hutang sebanyak Rp. 5.000.000,- dan mendampingi Ibu Suprapti melunasi hutang direntenir,” katanya.

Ditambahkan bahwa, Lazismu Sulawesi Selatan adalah lembaga amil zakat yang salah satu tugasanya berupa pengumpulan dan pendistribusian zakat kepada orang yang berhak menerima.

“Salah satu peruntukan penerima manfaat dana zakat adalah Ghorim yaitu orang yang terjerat hutang karena keterdesakan keperluan biaya hidup, dengan dasar inilah Lazismu Sulawesi Selatan menyalurkan bantuan kepada Ibu Suprapti selaku Ghorim yang terjerat hutang karena kebutuhan ekonomi,” tambahnya, Senin, 25 Januari.