Program Tani Bangkit Sukses, Lazismu Banyumas Panen Raya 4,5 Hektar

11/02/2021

BANYUMAS - Panen raya padi premium jenis mapan 05 Lazismu Banyumas di Karangtawang berlangsung hari Rabu (10/02). Panen raya ini adalah hasil dari Sekolah Lapang yang merupakan program Tani Bangkit Lazismu Banyumas bersama Majelis Pemberdayaan Masyarakat Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Dinas Pertanian Banyumas. 

Acara tersebut dihadiri Ketua Lazismu Pimpinan Pusat Muhammadiyah Hilman Latief, Ketua Lazismu Pimpinan Wilayah Jawa Tengah Dodok Sartono, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banyumas Ibnu Hasan,  Kapolresta Banyumas Firman, Dandim 0701/Banyumas, Kepala Dinas Pertanian Banyumas, sampai Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Jebul Suroso. 

Pembukaan acara Panen Raya diawali dengan laporan dari Manajer Lazismu Banyumas terkait program tani bangkit kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari tamu undangan dan selanjutnya penyerahan para peserta sekolah lapang dari Dinas Pertanian kepada Lazismu Banyumas.

Sabar Waluyo menegaskan bahwa program Tani Bangkit ini adalah bagian dari Gerakan Jamaah Dakwah Jamaah (GJDJ) yang menjadikan Masjid sebagai pusat pemberdayaan masyarakat. Beliau juga mengatakan bahwa sekolah lapang yang sudah berlangsung dari bulan Oktober 2020 ini memiliki jumlah peserta 25 orang dengan lahan padi sebesar 4,5 hektar.

Senada dengan Manajer Lazismu Banyumas, Ibnu Hasan juga mengungkapkan pentingnya masjid sebagai pusat pemberdayaan. “Ketika orang sudah terikat dengan masjid dan ada program pemberdayaan jamaah masjid insyaaAllah keberlangsungan keteraturan dan kebersamaan ini akan tetap bisa kita bangun," ujar Ibnu Hasan ketika memberikan sambutan. 

Dukungan juga datang dari Hilman Latief. Hilman Latief berharap agar program pemberdayaan yang dilakukan Lazismu banyumas bisa diikuti oleh Lazismu daerah lain.

“Saya sambut baik acara ini, semoga bisa bergulir di daerah lain. Jawa tengah ini adalah Lazismu terbaik secara nasional. InsyaaAllah semoga kedepan ini bisa lebih menggeliat," ucapnya pada saat sambutan pembukaan Panen Raya.

Setelah acara pembukaan selesai para tamu undangan langsung menuju lahan sawah yang siap panen. Masing-masing orang mewakili lembaganya secara seremonial memanen beberapa batang padi sebagai tanda suka cita atas suksesnya sekolah lapang binaan Lazismu Banyumas. 

Panen Raya ini juga mendapat apresiasi dari berbagai pihak seperti Polresta Banyumas serta Dandim 0701/Banyumas yang mengikuti acara dari awal sampai akhir. Firman mendukung gerakan masyarakat mengenai ketahanan pangan. “Kami disini, saya Kapolres bersama pak Dandim kami berdua akan mendukung program ini. Bukan hanya mendukung juga menyukseskan," paparnya. 

Selain panen, para tamu undangan juga diajak untuk melihat program lain milik Lazismu Banyumas di Karangtawang yaitu pemberdayaan masyarakat ternak penggemukan kambing.

Reporter : Tansah/Yusuf