RSIJ Cempaka Putih Jakarta Berikan Pelayanan Medis kepada Korban Banjir Jakarta

25/02/2021

JAKARTA - Disaster Medical Committe Rumah Sakit Islam Jakarta (DMC RSIJ) Cempaka Putih memberikan pelayanan kesehatan di Kebon Pala, Jakarta Timur, Rabu (24/2).

Tim yang dipimpin oleh dr. Sylvianti, MARS ini memberikan pelayanan kepada 147 pasien di sekitar Jakarta Timur. 147 pasien tersebut terdiri dari 4 bayi, 5 balita, 32 anak, 74 dewasa, dan 32 lansir.

Dr. Sylvianti menyebut bahwa target awal penerima manfaat sebanyak 150 orang. 

"Hari ini kami memberikan pelayanan kepada penyintas banjir yang terdampak banjir sejak hari Jumat lalu," ujarnya.

Ia mengaku mendapatkan informasi bahwa banyak warga yang mengalami kelainan kulit, hipertensi, dan kasus lain yang perlu tindak lanjut dari tenaga medis. Di sisi lain, para penyintas tersebut tidak memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan sehingga tim RSIJ Cempaka Putih perlu turun ke lokasi.

Ke depan, dr. Sylvianti bersama tim juga akan terus membantu penyintas banjir di titik-titik yang lain. "Dari rumah sakit nanti akan menugaskan kami ke beberapa titik lain," imbuhnya.

Ia berpesan kepada masyarakat dan relawan agar ketika terjadi bencana banjir segera melakukan asesmen kebutuhan masyarakat terdampak. Dan apabila korban membutuhkan bantuan medis, maka relawan harus segera menghubungi pihak terkait seperti rumah sakit.

"Tempat-tempat yang memang tidak tersentuh bantuan medis harus segera dilaporkan," tegasnya.

Menurut keterangan dr. Sylvianti, penyakit-penyakit yang paling banyak dilayani secara berurutan hipertensi, kelainan kulit, GEA, ISPA, arthalgia, myalgia, gastritis, conjungtivitis, sakit gigi, vulnus punctum, dan CHF.

Sebagaimana diketahui, Ketinggian air yang menggenangi kawasan Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur naik lagi pada Minggu (21/2) sore. Lurah Kampung Melayu Setiawan mengatakan, ketinggian air di Kebon Pala naik lagi karena kiriman dari Bendungan Katulampa, Bogor. 

"Iya, ada kiriman dari Katulampa," kata Setiawan saat dikonfirmasi, Minggu petang.

Sebelumnya, berdasarkan data pukul 10.00 WIB, genangan banjir tertinggi di Kebon Pala mencapai 60 sentimeter. Namun, pada pukul 17.30 WIB, ketinggian air naik menjadi 130 sentimeter.

Reporter: Yusuf