Rumah Terbakar, Lazismu Pacitan Berikan Santunan

03/03/2021

PACITAN - Lazismu Pacitan memberikan santunan kepada Mbah Tukiyo dan Mbah Tuginem, warga Dusun Nogosari, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Pacitan yang rumahnya terbakar, Selasa (2/3).

Rumah pasutri tersebut terbakar ketika Mbah Tukiyo mengeringkan kayu basah di atas tungku yang biasa digunakan untuk memasak. Kebakaran berlangsung sekitar pukul 11.45 WIB ketika pemilik rumah pergi ke ladang mencari rumput untuk ternaknya.

Dilansir dari laman resmi MDMC Pacitan, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Namun, ditaksir kerugian mencapai Rp 20 juta rupiah. Barang-barang berharga yang terbakar antara lain uang tunai Rp 1,3 juta rupiah dan satu buah ponsel milik cucu Mbah Tukiyo. Ponsel tersebut digunakan sehari-hari oleh pemiliknya untuk mengikuti KBM secara daring.

Kondisi dapur rumah Mbah Tukiyo ludes terbakar. Sebagian rumah bagian depan juga ikut terbakar. Beruntung warga sekitar secara langsung memadamkan api sehingga tidak menjalar ke bagian rumah yang lain.

Untuk meringankan beban Mbah Tukiyo beserta keluarga, Lazismu Kabupaten Pacitan memberikan santunan. Ketua Lazismu Pacitan, Isa Ansori menyebut bahwa santunan tersebut adalah wujud perhatian Muhammadiyah untuk masyarakat yang membutuhkan bantuan.

"Bantuan ini secara material sangat kecil. Adapun untuk HP cucu Mbah Tukiyo yang terbakar, akan kami coba belikan agar tetap bisa belajar secara daring dan bahkan lebih semangat belajarnya," ujarnya.