Salurkan Bantuan Melalui Muhammadiyah, YBM PLN Turut Peduli Banjir Kalsel

26/01/2021

BANJAR - Bantuan dari berbagai pihak terus mengalir kepada Muhammadiyah dalam penanggulangan bencana banjir di Kalimantan Selatan. Muhammadiyah melalui Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kalimantan Selatan mendirikan Pos Koordinasi (Poskor) Induk yang berada di Sekolah Akhlak SD Alam Martapura, Kabupaten Banjar sebagai titik sentral koordinasi penanganan bencana banjir, serta titik sentral distribusi logistik kepada Pos Layanan (Posyan) pendukung yang tersebar di beberapa kabupaten/kota yang terdampak banjir.

Salah satu pihak yang mempercayakan bantuan banjir melalui MDMC Kalimantan Selatan adalah YBM PLN UIP Kalbagteng. Dengan dihadiri langsung oleh Arianto, Senior Manager KSDM PLN UIP Kalbagteng, pihaknya menyalurkan bantuan logistik ke Poskor Induk Muhammadiyah berupa sembako, susu, popok, pembalut dan bantuan lainnya pada Selasa (19/1) lalu. MDMC dipilih atas kinerja yang dilakukan dalam berbagai penanganan bencana di tanah air.

Arianto menyampaikan bahwa pihaknya menyampaikan bantuan ini agar dapat dimanfaatkan sepenuhnya oleh MDMC guna membantu warga terdampak. "Sehubungan dengan adanya bencana banjir di Kalimantan Selatan, kami dari YBM PLN UIP Kalbagteng datang kemari untuk menyampaikan bantuan berupa makanan dan minuman yang dapat dimanfaatkan oleh rekan-rekan kami dari MDMC," jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa bantuan logistik juga diberikan guna mendukung operasional dapur umum yang ada di Poskor Induk Muhammadiyah.

Perwakilan Pos Koordinasi Induk Muhammadiyah, Firman Hadi yang mengelola bantuan logistik di Poskor Induk Muhammadiyah mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan yang diberikan oleh pihak YBM PLN UIP Kalbagteng ini.

"Kami sangat bersyukur atas kepercayaan yang diberikan oleh berbagai pihak kepada Muhammadiyah melalui MDMC, salah satunya oleh YBM PLN UIP Kalbagteng. Semoga bantuan ini dapat mendatangkan banyak manfaat untuk mereka yang menjadi korban bencana banjir," ungkapnya.

Selain bantuan dari berbagai pihak, Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan juga memberikan dukungan sepenuhnya dalam tanggap darurat bencana banjir di Kalimantan Selatan. Tak hanya bantuan berupa pendanaan, bantuan logistik dan kebutuhan penyintas juga digalang guna membantu mereka yang terdampak bencana ini.

Sementara itu, YBM PLN UIP Kalbagteng akan terus menjalin sinergi dengan Muhammadiyah dalam merespon bencana alam, khususnya di Kalimantan Selatan. Tak hanya dalam penyaluran logistik, bantuan lain juga diberikan seperti perbaikan infrastruktur jembatan darurat di daerah terisolir yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah bersama-sama dengan MDMC.

Reporter: M. Nashir/Yusuf