"Sembako untuk Warga" Menjadi Program Perdana Lazismu Balangan, Kalimantan Selatan

15/02/2021

BALANGAN - Lazismu Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan menggelar pendistribusian sembako untuk warga di Haur Batu, Paringin Kota, Balangan, Kalimantan Selatan, Jumat-Minggu (5-7/2).

Lazismu Kabupaten Balangan merupakan Lazismu Daerah perpanjangan dari Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan yang berkedudukan di Paringin, Balangan. Lazismu ini secara resmi dibentuk melalui Surat Keputusan Badan Pengurus Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan tertanggal 16 Jumadil Awal 1442H/31 Desember 2020. 

Bambang Nuroso, Manajer Lazismu Kabupaten Balangan menjelaskan bahwa program yang dinamai dengan "Sembako untuk Warga" ini merupakan pendistribusian sembako yang pertama bagi Lazismu Balangan.

“Dilaksanakannya program ini sebagai langkah awal dari pergerakan Lazismu Kabupaten Balangan dalam menyalurkan zakat dan infaq yang telah terhimpun pada bulan Januari lalu. Alhamdulillah kali ini kami salurkan dalam bentuk sembako,” ujar Bambang.

Secara khusus Bambang menerangkan pemilihan lokasi dengan penerima manfaat terbanyak yakni di desa Haur Batu.

“Untuk penerima manfaat terbanyak berasal dari 3 rukun tetangga (RT) di Haur Batu yakni RT 12 – 14 dengan jumlah 85 KK. RT tersebut dipilih karena berdekatan dengan lokasi Masjid Muhammadiyah al-Jihad Balangan. Namun ada pula beberapa penerima manfaat yang berdomisili di luar dari Haur Batu,” terangnya.

Senada dengan itu Ansyarullah, Ketua Badan Pengurus Lazismu Kabupaten Balangan berharap agar program ini mampu meringankan warga khususnya dalam keperluan makan sehari-hari.

Dalam pendistribusiannya, amil Lazismu Balangan di bantu pula oleh Haryono, Ketua RT setempat untuk langsung menuju rumah para warga. Haryono menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan yang diberikan ke beberapa warganya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Lazismu yang membantu warga kami. Semoga kebaikan para donatur yang memberikan zakat di Lazismu di balas oleh Allah SWT,” tuturnya.

Perlu diketahui Lazismu adalah Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah yang bertugas untuk pengelolaan dana ZISKA (zakat, infaq, shadaqah dan dana sosial keagamaan lainnya) yang juga merupakan Lembaga Amil Zakat Nasional. Lazismu terdaftar secara resmi melalui SK. Menteri Agama RI No. 730 Tahun 2016 Tanggal 14 Desember 2016.

Program "Sembako untuk Warga" ini akan rutin dilaksankaan oleh Lazismu Kabupaten Balangan. Di samping itu, ada pula program lain seperti "Indonesia Siaga". Indonesia Siaga adalah program pemberian bantuan kepada korban bencana banjir di Hulu Sungai Tengah melalui Pos Pelayanan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kalimantan Selatan.

Reporter: Muhammad Nashir/Yusuf