Targetkan 13 Miliar, Lazismu Banyumas Gelar Rapat Kerja Daerah

02/02/2021

BANYUMAS - Rapat kerja daerah Lazismu Banyumas dilaksanakan secara luring dan daring pada hari Sabtu (30/01/2021). Pelaksanaan luring bertempat di Aula Abu Dardiri Pimpinan Derah Muhammadiyah (PDM) Banyumas dan peserta daring melalui zoom meeting.

Terbaginya pelaksanaan rakerda ini tentunya karena melihat situasi Banyumas yang masih menjalankan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKKM).

Dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan Rakerda dimulai pagi hari. Diawali dengan pembukaan acara yang dihadiri langsung oleh PDM Banyumas, PDA Banyumas, BPH Lazismu Banyumas, Lazismu Jateng secara daring dan tentunya para peserta rakerda dari seluruh KL yang ada di Banyumas. Untuk peserta dari KL ada 20 orang perwakilan dari Kantor Layanan (KL) yang langsung hadir ke Aula Abu Dardiri.

Sambutan pertama disampaikan oleh Sujiman selaku ketua badan pengurus Lazismu Banyumas. Dalam sambutannya beliau sangat bangga akan kinerja seluruh pihak mulai dari badan pelaksana maupun para pengurus KL yang tersebar di wilayah Banyumas. Apresiasi ini berdasar pada terlampaunya target penghimpunan dana ZISKA pada tahun 2020.

“Progesnya luar biasa dari segi kuantitas dan kualitas, ditahun 2020 targetnya 8,8 Miliar tercapainya 9 Miliar berarti tercapainya lebih dari 100%. Ini adalah capaian yanga membahagiakan,“ ujar Sujiman.

Tema pada Rakerda Lazismu 2021 ini adalah Penguatan Tata Kelola Lazismu dalam Membumikan Gerakan ZIS dan Pencapaian SDG’S. Tema tersebut direspon positif oleh Ibnu Hasan, Ketua PDM Banyumas.

Dalam sambutannya beliau mengatakan “SDG’S ini standar Internasional yang sudah disepakati untuk mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan," ujarnya. Sambutan Ibnu Hasan dikahiri dengan membuka acara Rakerda secara seremonial dengan membaca basmallah.

Sambutan lain adalah dari Lazismu Jateng Sukamto yang disampaikan secara daring melalui zoom meeting. Beliau menjelaskan kepada peserta rakerda bahwa harus ada rasa kebanggan menjadi bagian dari gerakan filantropi.

Pembukaan rakerda juga menjadi momen pemberian penghargan bagi Kantor Layanan (KL) yang memiliki progres tinggi. Penghargaan tersebut diantaranya adalah KL Lazismu dengan Pemberdayaan Jamaah Terbaik kepada KL Karangtawang, KL Lazismu dengan pemberdayaan Ekonomi Terbaik kepada KL Karangkemojing, KL Lazismu dengan Pelayanan Kesehatan Terbaik yaitu KL Lazismu Tambakan, KL Lazismu dengan Penghimpunan Terbaik KL Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wangon, dan KL Lazismu terbaik tahun 2020 diberikan kepada KL Pimpinan Cabang Aisyiyah Lumbir.

Kusti, perwakilan dari KL Lazismu PCA Lumbir sebagai KL Lazismu terbaik berharap agar bisa lebih baik dalam tahun ini dengan program yang sudah disiapkan. "Ada peduli guru untuk guru TK dan TPQ terus Beasiswa Sang Surya, Beasiswa Mentari dan masih banyak lagi “ ungkapnya ketika ditanya tim media Lazismu Banyumas

Rakerda juga dilanjutkan dengan pemberian materi terkhususnya untuk pada KL dengan tujuan meningkatkan kompetensi dan semangat peserta rakerda dalam mengejar target lazismu Banyumas di tahun 2021.