Terus Berlanjut, YABB dan Lazismu Jaktim Salurkan Paket Sembako

27/11/2020

JAKARTA TIMUR - Kerjasama antara Yayasan Anak Bangsa Bisa dengan Lazismu masih terus berlanjut. Kali ini, Lazismu Jakarta Timur menyalurkan 80 paket sembako kepada kelompok janda, petugas kebersihan, marbot masjid, driver ojol, pekerja yang terkena PHK, guru honorer, penyandang disabilitas, pelaku usaha, pedagang kecil, dan sopir angkutan.

Penyerahan dilaksanakan di SD Muhammadiyah 11 Tanjung Lengkong, Bidara Cina, Jatinegara, Jaktim pada Kamis (26/11), dan dihadiri oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Jakarta Timur. Paket sembako yang dibagikan berisi beras, gula, teh, sarden, dan minyak goreng.

Nazhori Author, Manager Program Kemanusiaan dan Lingkungan Lazismu Pusat menyebut bahwa Kerjasama Lazismu dengan YABB yang merupakan bentukan platform digital Gojek ini sudah dilaksanakan sejak tiga bulan pertama pandemi. Kerjasama ini dilaksanakan dalam bentuk memberikan manfaat kepada masyarakat tedampak dengan memberikan bantuan berupa paket sembako.

Kerjasama untuk kedua kalinya dilaksanakan pada bulan November. Dalam hal ini, Lazismu akan menyalurkan 2.144 paket sembako senilai Rp. 220.000.000,- ke Sumatra Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta. Masing-masing provinsi akan mendapatkan 500 paket sembako. Sementara sisanya akan disalurkan ke penyandang disabilitas.

"Lazismu bersama mitra, baik di internal Muhammadiyah maupun diluar Muhammadiyah, akan terus memberikan bantuan kepada siapapun yang membutuhkan, khususnya yang terdampak pandemi," jelasnya.

Sementara itu, Fitrianingsih, Bagian Program Lazismu Jakarta Timur berharap agar bantuan yang diberikan dapat meringankan beban penerima manfaat di tengah pandemi. Ia menyebut bahwa banyak pihak yang membutuhkan bantuan dari Lazismu. Namun, karena keterbatasan, tidak semua pihak bisa dibantu.

"Alhamdulillah penerima manfaat bisa terbantu. Di masa pandemi, penghasilan mereka menjadi berkurang. Dari pihak ojol menyampaikan bahwa bantuan ini sangat membantu mereka. Mudah-mudahan bantuan seperti ini bisa terus dilanjutkan sampai pandemi usai," jelasnya melalui saluran telepon.

Dalam membatasi kerumunan, ia menyebut bahwa tempat duduk antar penerima manfaat diberikan jarak. Selain itu, seluruh pihak yang hadir diminta untuk menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan yang lain.

Dedi Iswantara, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Tanjung Lengkong yang mendapatkan bantuan mengucapkan terimakasih banyak kepada Lazismu dan YABB. Ia berharap agar sembako yang diberikan dapat mengatasi permasalahan ketahanan pangan di tengah pandemi. "Bantuan sangat tepat diberikan ketika pandemi. Jadi sangat bermanfaat," jelasnya.

Sementara itu, Nuraini, pelaku usaha UMKM yang mendapatkan bantuan berharap agar Lazismu dan YABB bisa terus memberikan bantuan bagi pelaku UMKM agar bisa membantu mereka. (Yusuf)