Tingkatkan Gizi Pengungsi Merapi, MDMC & Lazismu Kabupaten Magelang Salurkan BuburMu

26/11/2020

MAGELANG - Dapur umum Lazismu dan MDMC Kabupaten Magelang secara berkala mengirimkan jus dan bubur dengan nama BuburMu ke pengungsi Gunung Merapi di 8 titik shelter di Kabupaten Magelang. Penyaluran ini sudah dimulai sejak tanggal 16 November 2020. Hal ini dilaksanakan dalam rangka menambah nutrisi pengungsi agar tetap sehat.

Setiap pagi, relawan Muhammadiyah bisa mengirimkan hingga 300 cup jus & 300 pack bubur. BuburMu memiliki menu yang variatif, ada bubur sayur, jenang sumsum, jenang sumsum merah, bubur kacang hijau, dan lain-lain.

Menurut keterangan Ahmat Dika Pratama, Divisi Penyaluran dan Pendayagunaan Lazismu Kabupaten Magelang, relawan yang menjalankan program-program dapur umum terdiri dari seluruh organisasi otonom meliputi Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Pemuda Muhammadiyah (PM), Nasyi'atul Aisyiyah (NA), Hizbul Wathan (HW), dan Tapak Suci (TS) dan elemen lain di Muhammadiyah seperti KOKAM. Dalam satu hari ada dua puluh lima hingga tiga puluh relawan yang berjaga secara bergantian.

"Dapur umum aktif sejak jam 10 malam. Kita persiapan, ngracik makanan, sampai jam 2 pagi mulai masak, nanti setelah subuh selesai, packing dan distribusi. Jadi setiap jam 06.00 WIB kita mulai distribusi ke semua shelter," ujarnya kepada lazismu.org.

Sementara itu, Eka Farida Wahyuningtyas, salah satu relawan dapur umum menjelaskan bahwa shelter pengungsian yang diberikan makanan bergizi oleh relawan Muhammadiyah antara lain shelter PAY Putra Muhammadiyah Muntilan, Gedung PPP Prumpung Muntilan, Gedung Futsal Stovia Muntilan, Gedung NU Ketaron, Deyangan Mertoyudan, dan Dampit Mertoyudan. 

"Setiap jam 05.30 WIB kita sudah mulai dropping. Ini menunya selalu ganti setiap hari biar nggak bosan tapi tetap bisa nambah nutrisi bagi para balita," jelasnya melalui pesan tertulis.

Lazismu dan MDMC Kabupaten Magelang berharap agar bisa menyalurkan makanan bergizi setiap pagi, siang dan sore. Namun, dikarenakan keterbatasan anggaran, sementara bisa membantu untuk makanan bergizi, khususnya ke balita setiap pagi. Lazismu Kabupaten Magelang membuka donasi khusus untuk membantu masyarakat terdampak tanda-tanda erupsi Merapi. (Yusuf)