Wakil Walikota Pekanbaru Resmikan KL ke 12 di Pekanbaru

28/12/2020

PEKANBARU - Meskipun tengah dalam situasi pandemi, Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, S.Si kembali resmikan Kantor Layanan (KL) Lazismu Pekanbaru yang ke 12 secara langsung di Komplek Pendidikan Muhammadiyah Jalan Cipta Karya, Tampan, Pekanbaru pada Rabu (16/12).

Ia menjelaskan bahwa dengan adanya Kantor Layanan Lazismu di Pekanbaru yang terletak di Kompleks Pendidikan Muhammadiyah ini dapat memudahkan para guru, karyawan, orang tua dan masyarakat sekitar mudah menunaikan zakat, infak dan sedekah. Kompleks Pendidikan Muhammadiyah ini terdiri dari SMK Muhammadiyah 3, SMP Muhammadiyah 4, dan SD Muhammadiyah 6.

"Tentunya dana ZIS ini diperuntukan kepada anak-anak kita yang kurang mampu. Untuk memberikan bantuan biaya sekolah," jelas Ayat Cahyadi.

Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 3, Drs. Alisman meminta kepada amil Kantor Layanan yang baru diresmikan tersebut untuk mendata para guru dan karyawan yang gajinya telah memenuhi syarat nizhab zakat. Menurutnya, mereka wajib untuk menunaikan zakat.

“Dengan adanya Kantor Layanan ini mereka tidak repot lagi mencari lokasi-lokasi untuk berzakat, dan ini tidak hanya berlaku kepada guru, karyawan, dan orang tua murid tapi juga masyarakat disekitar kompleks Pendidikan Muhammadiyah,” harapnya.

Ia menambahkan bahwa dana yang terkumpul tersebut bisa untuk membantu murid-murid yang kurang mampu untuk pembiayaan pendidikan.

Selaran dengan Drs Alisman, Ketua Badan Pengurus Lazismu Pekanbaru Hari Sinyanto juga menjelaskan bahwa KL ini bisa memberikan pelayanan kepada guru, karyawan, orang tua murid dan masyarakat yang berada disekitar sekolah untuk menunaikan kewajiban berzakat serta berinfak dan sedekah.

“Maka sekolah dalam hal ini bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar. Bermanfaat baik untuk lingkungan sekolah maupun lingkungan di luar sekolah. Kalau lingkungan sekolah bisa membantu anak-anak yang kurang mampu, begitu juga dengan guru-guru yang bergaji belum layak,” harapnya. (Yusuf)