Wujudkan Rumah Layak Huni, Lazismu Banyumas Jalankan Program Bedah Rumah

07/12/2020

BANYUMAS - Agus Riyanto, warga Desa Kembaran, RT 06/02, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas adalah kepala rumah tangga dengan satu istri dan satu anak. Bersama keluarganya, ia tinggal di rumahnya yang tidak layak huni, lebih-lebih ketika musim hujan. Sebagai pekerja serabutan, ia belum mampu untuk memberikan rumah yang layak kepada anak dan istrinya.

Tentu saja Agus ingin agar rumah yang dihuninya bisa direnovasi agar lebih layak untuk ditinggali bersama. Namun, Agus yang merupakan pekerja serabutan ini belum mampu untuk mewujudkan hal tersebut.

Melihat keinginan Agus, Lazismu Banyumas melalui program Bedah Rumah melakukan renovasi di rumahnya sehingga menjadi layak huni untuk Agus dan keluarganya. Program bedah rumah ini adalah program yang menyasar keluarga dengan rumah kurang layak huni sedangkan kondisi ekonominya dibawah rata–rata.

Pada hari Kamis (03/12) rumah milik Agus akhirnya selesai direnovasi. Setelah satu minggu tim bedah rumah Lazismu Banyumas melakukan pekerjaannya secara profesional, akhirnya pada hari Kamis, rumah milik agus sudah siap untuk ditinggali.

Agus bersyukur dan mengucapkan terimakasih kepada Lazismu. "Kami ucapkan terimakasih kepada donatur Lazismu. Semoga Lazismu semakin jaya, berkah, dan bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Sabar Waluyo, Direktur Lazismu Banyumas berharap dengan adanya program ini, Agus dan keluarga mendapatkan hunian yang nyaman, sehat, dan bersih sehingga menjadi keluarga yang harmonis. Ia juga berharap program ini dapat menambah kepedulian masyarakat, mengingat prinsip bedah rumah Lazismu adalah menggerakkan partisipasi masyarakat.

"Rencana di tahun ini masih ada 2 program bedah rumah lagi. Di Kecamatan Sumbang sudah jadi, tinggal penyerahan. Kalau di Kecamatan Ajibarang baru akan kita mulai," ujarnya melalui pesan tertulis.

Ia menyebut bahwa di tahun 2020, Lazismu Banyumas telah melakukan bedah rumah hingga 20 unit. 

Dalam Lazismu Award yang dilaksanakan dalam Rakernas Lazismu 2021 pada Sabtu (5/12), Lazismu Banyumas berhasil meraih penghargaan Daerah dengan Program Ekonomi Terbaik. Sabar mengatakan bahwa penghargaan ini menjadi kebanggaan dan motivasi bagi Lazismu Banyumas agar terus memberdayakan masyarakat melalui program ekonomi produktif.

"Karena tugas amil adalah mengembalikan posisi tangan di bawah menjadi tangan di atas," imbuhnya. (Yusuf)