YouTuber Bang Koboi Salurkan Donasi Melalui Lazismu Sambil Membuat Podcast

08/02/2021

JAKARTA - YouTuber kondang Bang Koboi menyalurkan donasi dari followers dan subscriber Bang Koboi dan Koboi Show melalui Lazismu pada Jumat (5/2). Donasi yang disalurkan berupa uang tunai sebesar 5 juta rupiah.

Yang menarik, kegiatan penyaluran donasi melalui Lazismu dari Bang Koboi dikonsep dalam bentuk Podcast yang disiarkan secara langsung melalui akun Instagram bang_koboi. Muhammad Furqon, Manajer Public Relation, Digital, dan Layanan Lazismu Pusat hadir untuk menerima donasi sekaligus membuat konten podcast bersama Bang Koboi.

Dalam podcast tersebut, Furqon memperkenalkan Lazismu kepada para pemirsa. Ia menyebut bahwa Lazismu adalah singkatan dari Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sodaqoh Muhammadiyah. Lazismu, lanjut Furqon, adalah lembaga yang menyalurkan dana dari para muzakki, orang-orang kaya dan dermawan yang ingin menginfakkan hartanya untuk mereka yang membutuhkan.

"Tidak harus bencana alam. Jadi kita punya program utama, yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial kemanusiaan, dakwah, dan lingkungan. Lingkungan ini baru karena ternyata lingkungan mempengaruhi kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Menurut keterangan Furqon, Lazismu memiliki dapur umum di tempat-tempat yang agak terpencil. Ada relawan tanggap bencana MDMC yang turun ke lokasi bencana, mengevakuasi korban, mengurus dapur umum, tenaga medis, dan lain-lain.

MDMC adalah tim yang memiliki keahlian dalam bidang kebencanaan. Relawan MDMC selalu siap diberangkatkan ke lokasi bencana untuk melakukan asesmen, evakuasi, dan penanganan korban.

"Kalau kita bayangkan, makan itu kan pagi, siang, dan malam. Karena harus masak dalam jumlah yang banyak, relawan yang ada di dapur umum ini nggak bisa istirahat. Ribuan pengungsi harus diberi makan selama tiga kali dalam sehari," imbuh Furqon.

Ia menyebut, dengan membantu korban bencana, lebih-lebih ketika turun langsung ke lapangan, seseorang akan lebih mensyukuri hidup dan merasakan bahwa hidup yang sedang ia jalani merupakan kehidupan yang sangat mewah.

Pada saat yang sama, Bang Koboi juga menghimbau kepada seluruh pemirsa agar ikut menyalurkan donasinya melalui Lazismu, mengingat Lazismu memiliki tim yang siap untuk menyalurkan dan mendampingi korban bencana.

"Jadi nanti kalau ada pemirsa yang punya rezeki lebih, bisa banget nih langsung hubungi pihak Lazismu, atau donasi online di web lazismu.org. Meskipun program lelang Bang Koboi sudah selesai, tapi pemirsa tetap bisa donasi langsung ke Lazismu," ujar Bang Koboi.

Bang Koboi berharap agar sumbangan yang disalurkan melalui Lazismu dapat bermanfaat dan menjadi keberkahan bagi seluruh pihak.

"Donasi Siaga Bencana dari suscriber dan follower Bang Koboi dan Koboi Show secara simbolis saya serahkan ke Mas Furqon mewakili Lazismu, semoga bisa diterima dengan baik," imbuhnya.

Reporter: Yusuf