• info@lazismu.org


Bantu Rehab Masjid Kawasan Tertinggal dan Terisolir

Bantu Rehab Masjid

20/02/2019

BANTU REHAB MASJID KAWASAN TERTINGGAL DAN TERISOLIR

Masjid sebagai pusat aktivitas umat Islam. Kemakmuran masjid bergantung pada fungsi strategis masjid untuk tempat ibadah dan belajar. Kondisi masjid berbeda-beda sebagian ada yang makmur, sebagian lagi terbengkalai rusak.
Penyebabnya beragam baik di kota maupun di desa. Di kawasan yang jauh seperti di pelosok juga hampir sama nasibnya. Ada yang tanpa perlengkapan suara, perlengkapan ibadah dan tak memiliki muazin bahkan imam masjid.
Kenyataan itu sejalan dengan data yang dikeluarkan Dewan Masjid Indonesia bahwa 75 persen masjid di Indonesia mengalami situasi yang memprihatinkan terbengkalai.
Pada pertengahan April kemarin, sahabat Lazismu bersama-sama merenovasi masjid di pelosok Bogor, tepatnya di pegunungan Halimun, di Kampung Pasir Banteng, Desa Malasari.
Sementara itu, pada 11 Mei 2018, sahabat Lazismu di Sulawesi Selatan, mengabarkan jika menemukan masjid di Tana Toraja. Tepatnya di Desa Tabang yang jauh dari pusat kota.
Kondisi masjid satu-satunya di Toraja itu atapnya sudah berkarat karena terbuat dari seng. Masjid ini berada di kampung yang masih kental dengan tradisi Arutodolo (keyakinan animisme terhadap leluhur).
Menurut Haji Muhammad selaku imam rawatib masjid Al-Aqsha, masjid ini satu-satunya harapan tempat pembinaan anak-anak. “Dulu di sini ada madrasah Ibtidaiyah tapi mati, tidak ada yang urus, mohon bantu kami,” pinta pria yang sudah sepuh ini.
Masih banyak masjid-masjid lain yang kondisinya serupa. Karena itu, Lazismu sebagai lembaga amil zakat nasional mengajak masyarakat untuk berkontribusi memperbaiki kondisi masjid di bulan suci Ramadhan ini.
Cara Berdonasi :
1. Klik "DONASI SEKARANG"
2. Dapat laporan via email