• +6221- 31 50 400
  • info@lazismu.org

Lazismu Sepakati Kerjasama Filantropi dengan SMP N 2 Kota Parepare

05/03/2019

Parepare – LAZISMU. Sosialisasi penggalangan dana zakat, infak dan sedekah serta dana kemanusiaan lainnya (ZISKA) digelorakan kembali oleh  Lazismu Kota Parepare. Melalui kerjasama dengan berbagi pihak, salah satunya SMPN 2 Kota Parepare yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

Ikatan kerjasama dilaksanakan pada Senin, 12 Maret 2018 di lapangan upacara yang disaksikan seluruh guru dan siswa-siswi usai upacara bendera. Poin kerjasamanya antara lain, Lazismu Kota Parepare dan SMPN 2 adalah mitra strategis yang dekat dengan kantor layanan. Calon donatur (muzaki) bisa menyalurkan ZISKA di kantor layanan ini.

Selanjutnya, selain melaporkan dan mendistribusikan, Lazismu dapat melakukan sinergi program sosial keagamaan lainnya bersama entitas SMPN 2 secara periodik. Misalnya, menyalurkan beasiswa kepada siswa tidak mampu dan penyiapan dana yang bersifat darurat kepada siswa-siswi dari keluarga tidak mampu.

Kepala Sekolah SMPN 2, Dra. Hj. Sri Eny Ludfiah, M.Pd mengungkapkan kegembiraannya atas kepercayaan Lazismu Kota Parepare kepada sekolah yang dipimpinnya. “Senang dan gembira atas sinergi ini, program yang bermanfaat khususnya untuk siswa-siswi di sini”, katanya. Program ini inspiratif sehingga bisa melatih sikap tolong-menolong dan peduli sesama sebagai bagian dari pendidikan karakter.

Sekolah ini dipilih untuk menjadi percontohan Program Penguatan Karakter, demikian disampaikan Sri Eny yang telah mengantarkan sekolah menengah pertama negeri ini meraih prestasi.

Sekretaris Lazismu Parepare, Saiful Amir menuturkan, SMPN 2 adalah sekolah paling pertama yang dijadikan mitra oleh Lazismu. Sekolah yang lain juga akan kami ajak hal sama untuk memobilisasi gerakan filantropi (berbagi), khususnya filantropi cilik secara sukarela setiap hari Jum’at. Termasuk guru yang telah memenuhi nisab berzakat bisa menyalurkan di kantor layanan ini.

Tidak perlu repot ke kantor Lazismu Kota, cukup di sini saja. “Lazismu akan  fasilitasi dengan segala kemudahan untuk menunaikannya,” pungkasnya. Tidak ada alasan lagi tidak bayar zakat, ada petugasnya, saat terima gaji sudah bisa lansung ke kantor layanan SMPN 2.

Harapannya dengan kerjasama ini semakin banyak kebajikan yang dilahirkan agar keberkahan dan manfaatnya dapat dirasakan bagi orang yang membutuhkan. “Program ini juga bagian dari memberikan keteladanan kepada peserta didik. Ramadhan akan tiba mari kita persiapkan ladang amal saleh seluas-luasnya,” tutup Saiful. (sf)