• info@lazismu.org


Sinergi Lazismu – MDMC Layani Penyintas Banjir Bandang Sigi dengan Kesehatan Gratis

10/05/2019

Palu – LAZISMU. Para penyintas bencana banjir bandang di Kabupten Sigi, Sulawesi Tengah pada ramadhan kali ini mendapat bantuan pemeriksaan kesehatan gratis yang dilaksanaan Lazismu dan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC). Pengobatan gratis kepada penyintas dilakukan di Desa Tuva dan Desa Salua, Kecamatan Gumbasa (9/5/2019).

 

Rudianto selaku amil Lazismu yang berada di lokasi mengatakan tim medis berasal dari PKU Muhammadiyah Palu. Terdiri dari satu dokter dan tiga perawat. Anak-anak dan dewasa semuanya mendapat pemeriksaan kesehatan. “Di desa Tuva terdapat 5 balita dan 4 balita di desa Salua, semua diperiksa kesehatannya,” katanya.

 

Layanan kesehatan ini direspons dengan gembira oleh para penyintas di dua desa itu. Agar kegiatan pemeriksaan kesehatan berjalan lancar, tim medis dari PKU Muhammadiyah Palu melibatkan partisipasi relawan MDMC-Lazismu wilayah Sulteng, yang didukung juga oleh Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) setempat.

 

Diinformasikan oleh Rudi para penyintas rata-rata keluhannya infeksi saluran pernafasan, pegal-pegal, letih, kepala pusing, dan gatal-gatal. Mendapati keluhan itu, dokter Asti mengatakan, para penyintas mengalami yang dikeluhkan karena kondisi lingkungan yang tidak sehat pasca-banjir. “Lingkungan yang tidak bersih serta lokasi pengungsi yang banyak orang sebagai pemicunya,” pungkasnya.  

 

Sebagai tim medis, Asti mengatakan memberikan pelayanan medis sebaik mungkin kepada para penyintas. “Prinsipnya mereka perlu mendapat perhatian, penyintas dari dua desa tersebut memiliki diagnosa kesehatan yang hampir sama, itu kami layani dan tangani,” jelasnya.

 

Dalam kesempatan itu, relawan dari IPM Sulteng menghibur anak-anak yang ada dengan kegiatan belajar sambil bermain. Hal ini dilakukan sebagai bentuk perhatian atas keadaan psikologis yang menimpa anak-anak. IPM ingin anak-anak tetap ceria meski berada di pengungsian.

 

Rudi mengabarkan selain dua desa ini tim medis juga memberikan layanan kesehatan gratis bagi penyintas yang ada di Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan serta wilayah kecamatan Gumbasa dan sekitarnya. (rd)