5 Ekor Sapi Kurban BPKH-Lazismu Disalurkan ke Pelosok Lampung

Ditulis oleh berita
11:27, 22/07/2021
Cover 5 Ekor Sapi Kurban BPKH-Lazismu Disalurkan ke Pelosok Lampung
LAMPUNG - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menggandeng Lazismu dalam menyalurkan hewan kurban di 34 Provinsi se-Indonesia pada Iduladha tahun ini.

Lazismu Lampung mendapatkan jatah 5 ekor sapi yang wilayah sebarannya ditentukan oleh Lazismu Lampung. Ashuri, Ketua Lazismu Lampung menyebut bahwa pihaknya mendapatkan 5 ekor sapi besar dengan bobot 300-400 kg.

Mantan Dosen STKIP Muhammadiyah Pringsewu (sekarang UMPRI) itu menyebutkan bahwa sapi tersebut akan disebarkan ke lima titik, antara lain Lampung Timur (Labuhan Maringgai), Lampung Tengah (Pubian), Lampung Utara (Muara Sungkai), Tanggamus (Ulu Belu), serta Way kanan (Bahuga). Hewan kurban akan disembelih pada hari Rabu-Jumat, 21-23 Juli 2021.

"Terima kasih kepada BPKH atas amanah yang diberikan kepada Lazismu Lampung. InsyaaAllah bermanfaat bagi warga yang membutuhkan, dan semoga kedepan dapat terus bersinergi untuk menebar kebermanfaatan bagi sesama,” lanjutnya.

Dimasa pandemi ini, imbuhnya, semua prosesi penyembelihan hewan kurban menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan mencuci tangan. Daging kurban akan diantar langsung ke rumah penerima manfaat.

Diketahui, bantuan ini adalah komitmen BPKH dalam menyalurkan Nilai manfaat Dana Abadi Umat (DAU) melalui bidang kemaslahatan sebagaimana diatur dalam PP No 5 tahun 2018 Tentang pelaksanaan Undang-Undang No 34 tahun 2014 mengenai pengelolaan keuangan haji dan PBPKH No 7 Tentang prioritas kegiatan kemaslahatan.

Progam Kemaslahatan BPKH mencakup prasarana ibadah, kesehatan, pelayanan ibadah haji, ekonomi umat dan pendidikan. Serta dakwah sosial keagamaan yang disalurkan secara langsung dan tidak langsung yang bermanfaat untuk kebaikan umat dengan prinsip syariah, kehati-hatian, manfaat, nirlaba, transparan dan akuntabel.

Ketua Lazismu Pubian, Lampung Tengah Bariyanto mengucapkan syukur dan terimakasih atas bantuan hewan kurban dari BPKH dan Lazismu Lampung. Karena telah memberikan kepercayaan untuk melakukan pemotongan hewan kurban sapi di kecamatan Pubian.

“Kami berharap kepada BPKH, untuk tahun–tahun berikutnya bisa memberi manfaat yang banyak lagi, khususnya untuk umat Islam yang ada di Indonesia," ungkap Bariyanto.

Bariyanto juga menjelaskan, untuk menyalurkan daging kurban ini pihaknya melibatkan para tokoh masyarakat dan pengurus masjid. Pihaknya mendistribusikan daging kurban di Desa Tias Bangun, Sinar Negri, Kota Batu, Segala Mider, Payung Dadi, dan Riao Periangan.

Iwan, salah satu warga di Pubian mengucapkan terimakasih telah memberikan daging kurban kepada warga di Pubian. Iwan juga mendoakan semoga BPKH dan Lazismu selalu di berikan kemudahan dan keberkahan.

"Semoga Allah SWT membalas dengan sebaik-baiknya balasan," ujar Iwan.

Sementara itu, di Labuhan Maringgai, Lampung Timur, daging kurban telah terdistribusikan pada Rabu (21/7). Matori, Ketua KL Lazismu Labuhan Maringgai mengucapkan terima kasih kepada BPKH yang telah memberikan bantuan kurban.

”Dengan program ini warga bisa merasakan kembali nikmatnya Iduladha. Karena pada tahun sebelumnya kami tidak melakukan pemotongan hewan kurban. Dan kami berharap program ini bisa berkelanjutan,” ujarnya.

Proses penyelembihan hewan kurban di Labuhan Maringgai diadakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menggunakan handsinitizer, memakai sarung tangan plastik ketika memotong daging qurban, dan melakukan penyemprotan desinfektan di lokasi penyembelihan.

Lokasi penyembelihan berada di Desa Srigading, Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur.

”Desa Srigading ini desa yang terpencil, akses jalan lumayan susah. Sehingga kami merasa terharu dengan adanya program berkah kurban dari BPKH ini. Besar harapan kami agar BPKH selalu memperhatikan desa desa kecil seperti desa kami,” ujar Nanang, salah satu warga Labuhan Maringgai.

Reporter: Yusuf