BANJIR ACEH UTARA, MUHAMMADIYAH KOTA LHOKSEUMAWE BUKA LAYANAN KESEHATAN

Ditulis oleh Doddy
18:15, 14/01/2022
Cover BANJIR ACEH UTARA, MUHAMMADIYAH KOTA LHOKSEUMAWE BUKA LAYANAN KESEHATAN
KABUPATEN ACEH UTARA -- Banjir yang melanda 14 kecamatan di Kabupaten Aceh Utara menyebabkan puluhan ribu warga terdampak. Hujan yang mengguyur kawasan Aceh Utara memicu banjir dan merendam pemukiman warga, fasilitas publik, serta jalan lintas nasional. Banyak di antara warga yang harus mengungsi ke tempat lebih tinggi.

Sebagai wujud kepedulian terhadap mereka yang terdampak banjir, Muhammadiyah Kota Lhokseumawe menerjunkan tim kesehatan untuk membuka layanan kesehatan di lokasi banjir. Tim ini merupakan gabungan dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah dan KlinikMu Lhokseumawe. Layanan kesehatan tersebut diberikan pada masyarakat di Gampong Keude, Kecamatan Matang Kuli, Kabupaten Aceh Utara pada Jum'at (07/01).

Ketua Lazismu Kota Lhokseumawe, Farhan Zuhri Baihaqi menyebutkan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan tim Muhammadiyah Kota Lhokseumawe dalam merespon kejadian banjir yang ada di daerah yang berbatasan langsung dengan Kota Lhokseumawe. Kegiatan ini juga dikoordinir oleh MDMC serta Lazismu Kota Lhokseumawe dalam penanggulangan banjir yang terjadi di kawasan Aceh Utara.

Selain itu, menurut Farhan, pihaknya juga menyalurkan bantuan berupa sembako yang berasal dari para donatur yang telah menitipkan amanahnya melalui Lazismu Kota Lhokseumawe. "Tadi juga kita sudah menyampaikan bantuan berupa sembako yang diperuntukkan bagi mereka yang terimbas banjir berupa beras, minyak, gula, telur, teh, serta mie instan," jelasnya.

Farhan pun mengucapkan terima kasih kepada para donatur atas donasi yang telah diberikan. "Jazakumullah kami sampaikan kepada para muhsinin atas donasi terbaiknya," ujarnya.

Sementara itu, koordinator tim kesehatan, dr. Sarah Amalia Fauzen mengungkapkan, dari hasil pemeriksaan kesehatan yang telah dilakukan, sebagian masyarakat terdampak banjir menderita skabies, tinea, dan lambung. Ia pun berharap agar kegiatan ini bermanfaat bagi warga. "Kita telah memberikan pelayanan kesehatan semaksimal mungkin. Semoga ini bermanfaat," harapnya.

[PR Lazismu PP Muhammadiyah/Farhan Zuhri Baihaqi]