DUA RUMAH MILIK DHUAFA DIRENOVASI LAZISMU

Ditulis oleh Doddy
21:50, 24/11/2021
Cover DUA RUMAH MILIK DHUAFA DIRENOVASI LAZISMU
KOTA LHOKSEUMAWE -- Gerakan filantropi yang dilakukan oleh Lazismu Kota Lhokseumawe terus menggeliat. Berbagai program dilakukan untuk memberikan layanan kepada umat. Program-program ini merupakan implementasi Pilar Program Lazismu yang diamanahkan kepada para amil, agar dapat mencapai pendayagunaan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) yang kreatif, inovatif, dan produktif.

Salah satu program terbaru yang digalakkan oleh Lazismu Kota Lhokseumawe adalah dengan memberikan bantuan untuk renovasi rumah warga. Ketua Lazismu Kota Lhokseumawe, Farhan Zuhri Baihaqi menyebutkan, ada dua rumah yang dibantu perbaikannya oleh Lazismu Kota Lhokseumawe. Kedua rumah tersebut merupakan milik Syamsul dan milik Muamar Khadafi. Kondisi rumah yang ditempati oleh masing-masing pemiliknya sudah sangat mengkhawatirkan.

Bantuan ini menurut Farhan berdasarkan dua pertimbangan. "Berdasarkan hasil assessment di lapangan, mereka yang dibantu ini rumahnya tidak terawat karena kondisi ekonominya memang tergolong dhuafa," ujarnya. Farhan menambahkan, selain itu calon penerima manfaat sudah mengajukan bantuan ke Lazismu Kota Lhokseumawe jauh hari sebelumnya.

Setelah menjalani survei di lapangan, kedua warga tersebut memang layak mendapatkan bantuan untuk perbaikan rumah. Bantuan ini pun diserahkan kepada penerima manfaat pada Jum'at (19/11) lalu oleh Farhan bersama amil Lazismu Kota Lhokseumawe lainnya.

Farhan kemudian menambahkan, jumlah bantuan yang diberikan untuk program renovasi rumah ini nilainya berbeda. Satu rumah yang kondisinya mengalami rusak berat menerima bantuan sebanyak lima juta rupiah, sementara satu rumah yang sedang dalam kondisi rusak berat namun konstruksinya masih kokoh mendapatkan bantuan sebesar empat juta rupiah.

Bantuan renovasi rumah dhuafa ini diharapkan mampu memberikan motivasi kepada warga Kota Lhokseumawe untuk mempercayakan dana zakat, infak, dan sedekahnya melalui Lazismu Kota Lhokseumawe. Selain penyalurannya jelas serta laporan keuangannya transparan, Lazismu Kota Lhokseumawe mempunyai program yang jelas dalam  kegiatan-kegiatan yang dilakukannya.

[PR Lazismu PP Muhammadiyah/Farhan Zuhri Baihaqi]