Eratkan Ukhuwah, Lazismu Purbalingga Gelar Silaturahmi dan Halal Bihalal

Ditulis oleh berita
10:26, 07/06/2021
Cover Eratkan Ukhuwah, Lazismu Purbalingga Gelar Silaturahmi dan Halal Bihalal
PURBALINGGA - Lazismu Purbalingga menggelar silaturahmi dan halal bihalal bersama seluruh Kantor Layanan Lazismu se Purbalingga di Masjid Nurul Iman, Sumampir, Sabtu (5/6).

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Purbalingga Ali Sudarmo yang turut hadir dalam kegiatan tersebut memberikan apresiasi dan selamat kepada Lazismu Purbalingga yang telah sukses mengintegrasikan antara Masjid, Ranting, dan Cabang Muhammadiyah melalui keberadaan Kantor Layanan (KL) Lazismu Purbalingga.

Menurutnya, hal tersebut memberikan dampak yang besar bagi Persyarikatan Muhammadiyah.

“Hal ini menjadi pergerakan yang sangat vital bagi organisasi, juga berdampak besar untuk Muhammadiyah," ujar Ali Sudarmo.

Menurutnya, terobosan Lazismu Purbalingga telah diakui oleh masyarakat bisa banyak memberikan dampak positif bagi perubahan zaman di Purbalingga.

Selain dihadiri oleh PDM, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ustadz Mintaraga Eman Surya yang memberikan tausiyah.

Dalam tausiahnya, ia menyampaikan bahwa zakat tidak hanya sebagai penolong, melainkan sebagai penentu kejayaan umat. Sehingga amil, sebagai pengelola zakat harus serius.

Ia mencontohkan bahwa pada zaman Rasullulah, melalui baitul maal, umat Islam mampu memberikan strategi pengembangan umat pada masa itu. Beliau juga menyampaikan tiga hal penting yang harus dilakukan oleh seorang amil.

“Sebagai amil ada tiga hal yang harus betul-betul di lakukan. Pertama, pengetahuan ilmu zakat. Kedua, mental jihad dan semangat tinggi. Ketiga, memiliki dedikasi dan kualitas ibadah yang bagus,” papar Ustadz Mintaraga.

Andi Pranowo, Direktur Lazismu Purbalingga menyampaikan, kegiatan silaturahmi menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas SDM bagi para amil Lazismu. Ia juga mengungkapkan bahwa pertemuan tersebut bertujuan untuk mempererat ukuhuwah Islamiyah dan menumbuhkan semangat tinggi untuk berkhidmat sebagai amil.

“kegiatan silaturahmi ini kami manfaatkan untuk evaluasi dan bertukar pikiran, mengenai program Ramadhan 1442 H serta sosialisasi program Idul Adha 1442 H," ujar Andi.

Ia bersyukur seluruh pengurus KL dapat hadir pada kegiatan tersebut. Pihaknya berharap kebersamaan dalam Lazismu dapat memberikan motivasi dan semangat baru bagi para amil.

Reporter :
Yusuf