Lazismu DIY Serahkan Donasi Peduli Palestina Rp 3,5 Milyar

Ditulis oleh berita
16:02, 24/06/2021
Cover Lazismu DIY Serahkan Donasi Peduli Palestina Rp 3,5 Milyar
YOGYAKARTA - Lazismu Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam acara One Day With Lazismu melalui zoom meeting menyerahkan donasi peduli Palestina senilai Rp. 3.540.034.659,- Sabtu (19/6). Donasi tersebut dapat terkumpul dalam kurun waktu satu bulan sejak dibukanya donasi pada tanggal 15 Mei yang lalu.

Penyerahan donasi peduli Palestina merupakan hasil pengumpulan Lazismu se-DIY dari lima Kabupaten/Kota di wilayah DIY. Dalam rincian penghimpunannya, Kabupaten Bantul merupakan kabupaten penghimpun donasi terbanyak dengan jumlah Rp 1.057.197.622,-.

Kemudian disusul Kabupaten Sleman sejumlah Rp 836.968.300,- untuk Kabupaten Gunungkidul sejumlah Rp 499.175.500,- kota Yogyakarta sebesar Rp 444.35.269,- Kabupaten Kulonprogo sebesar Rp 409.370.000,- dan penghimpunan dari kantor wilayah Lazismu DIY sebesar Rp 292.957.968,-.

“Penyerahan donasi 3.5 milyar ini yang dihimpun oleh Lazismu se-DIY akan diserahkan ke Muhammadiyah Aid melalui Lazismu Pusat, dan akan dijalankan dalam bentuk beberapa program untuk masyarakat Palestina” ungkap ketua Badan Pengurus Lazismu DIY, Cahyono.

Sebagaimana diketahui, total donasi untuk rakyat Palestina yang akan disalurkan oleh Lazismu mencapai lebih dari 38 miliar rupiah.

Dana tersebut akan disalurkan untuk beberapa program. Menurut Direktur Fundraising Lazismu Pimpinan Pusat Muhammadiyah Edi Muktiyono, Lazismu memiliki program jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

Program jangka pendek, menurut keterangan Edi, akan diwujudkan dalam bentuk makanan pokok, obat-obatan, tangan dan kaki palsu, air bersih, sembako, dan lain-lain.

"Dalam program jangka menengah, Lazismu akan memberikan bantuan alat kesehatan yang dibutuhkan di rumah sakit-rumah sakit yang ada di Palestina. Termasuk membelikan mobil ambulans yang sangat dibutuhkan untuk mengevakuasi korban. Mengingat konflik Palestina adalah konflik berkepanjangan," ujar Edi, Rabu (9/6).

Untuk jangka panjang, Lazismu akan membangun fasilitas kesehatan seperti klinik, baik di Gaza maupun di Tepi Barat.

"Yang sudah dilakukan Lazismu bersama MUI adalah pembangunan rumah sakit di Tepi Barat. Sudah bekerja sama dengan Walikota Hebron. Saat ini tinggal realisasi dan peletakan batu pertama," imbuhnya.

Ia menyebut hingga hari ini Lazismu sudah melakukan beberapa kegiatan seperti menurunkan relawan untuk melaksanakan beberapa program. Selain itu, Lazismu akan mengirimkan bantuan relawan untuk membawa bantuan-bantuan yang terkumpul untuk disalurkan ke rakyat Palestina.

Reporter : Yusuf