Optimalisasi Penghimpunan ZIS, Lazismu Sukoharjo Perkuat Kantor Layanan

Ditulis oleh berita
13:39, 10/05/2021
Cover Optimalisasi Penghimpunan ZIS, Lazismu Sukoharjo Perkuat Kantor Layanan
SUKOHARJO - Lazismu Sukoharjo mengoptimalkan penghimpunan zakat, infak, dan sedekah dengan memperkuat keberadaan Kantor Layanan. Pada hari kamis (6/5) Lazismu Kabupaten Sukoharjo menyambangi Kantor Layanan Lazismu Kecamatan Bendosari. Acara tersebut diselenggarakan di Masjid Hj Mbah Karno dengan agenda launching Kantor Layanan dan dilanjutkan buka bersama.

Hadir pada kesempatan tersebut salah satu Eksekutif Lazismu Sukoharjo, Mushlih. Ia mengungkapkan bahwa Kantor Layanan Lazismu Bendosari merupakan salah satu dari 27 KL yang ter SK di Kabupaten Sukoharjo, yang pergerakannya cukup aktif dalam mengelola ZIS.

"Sudah sering kami berkomunikasi dengan KL Lazismu Bendosari untuk memaksimalkan pengelolaan ZIS Kecamatan Bendosari. Dan alhamdulillah pada hari ini oleh pengurus KL mulai digarap serius pasca Rakerda bulan lalu," terangnya.

Pada saat diselenggarakan Rakeda Lazismu Kabupaten Sukoharjo bulan lalu, KL Lazismu Bendosari optimis bisa menghimpun dana ZIS 30 juta dalam satu tahun. Meskipun tidak muda lagi, para pengurus KL tetap mengupayakan apa yang sudah menjadi kewajibannya sebagai bagian dari Lazismu.

Ketua KL Lazismu Bendosari, Slamet mengutarakan bahwa ia bersama pengurus sudah memiliki rencana cukup lama untuk mengembangkan Lazismu dalam mengelola ZIS di wilayah tersebut. Maka melalui momen Ramadhan ini ia mengawali langkah dengan melakukan launching Kantor Layanannya sebagai keseriusan dalam menghimpun dana ZIS dari masyarakat.

"Alhamdulillah sampai akhir bulan April sudah masuk dana ZIS dan kami kelola kurang lebih 19 juta. Untuk mencapai target yang sudah kami sampaikan saat Rakerda maka kami akan memulai strategi yang sudah kami susun," terang Slamet. 

Muslih menyebut bahwa Lazismu Sukoharjo dalam satu tahun belum mencapai 1 M, dan ia menargetkan agar bisa mencapai 1 M. Oleh karena itu diperlukan optimalisasi Kantor Layanan Lazismu yang sudah terbentuk agar bisa terintegrasi dengan Lazismu tingkat Kabupaten. 

Dalam acara tersebut hadir pula Ketua PDM Sukoharjo Wiwaha Aji Santosa yang meresmikan Kantor Layanan Lazismu Bendosari. Dalam sambutannya ia berharap KL Lazismu Bendosari bisa menjadi wadah bagi masyarakat yang akan menyalurkan zakat infak serta sedekahnya dan menjadi lembaga yang dipercaya dalam mengelola ZIS. 

"Salah satu hasil Muktamar Muhammadiyah ialah adanya trisula Muhammadiyah. Yaitu Lazismu, MPM, dan LPB MDMC yang dapat kita lihat sampai saat ini ketiga lembaga tersebut semakin meningkat pergerakannya dalam melayani masyarakat," tegasnya. 

Selain itu, acara tersebut juga dihadiri oleh PCM Bendosari, PCA Bendosari, dan PRM se Kecamatan Bendosari. Acara diakhiri dengan buka bersama dan dilanjutkan shalat berjamaah.