Respon Banjir Kalteng, Muhammadiyah Kalsel Siapkan Bantuan

Ditulis oleh Super Admin
08:32, 09/09/2021
Cover Respon Banjir Kalteng, Muhammadiyah Kalsel Siapkan Bantuan
BANJARMASIN - Tingginya intensitas hujan di Kalimantan Tengah beberapa waktu ini telah menyebabkan volume air di sungai-sungai meluap dan hingga memicu terjadinya banjir di beberapa daerah. Muhammadiyah segera melakukan respon tanggap bencana banjir di Kalimantan Tengah. Melalui gerakan One Muhammadiyah One Response (OMOR), Muhammadiyah telah membentuk Pos Koordinasi Tanggap Darurat Bencana Banjir Kalimantan Tengah di Aula Masjid Nurul Iman Kasongan/Kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah Katingan yang berada di Jl. Semadi Kasongan pada Senin (06/09).

Menyikapi situasi banjir dan respon Muhammadiyah di Kalimantan Tengah, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Selatan melalui Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) segera melakukan koordinasi bersama Lazismu Kalimantan Selatan untuk mobilisasi bantuan. Selain itu, penggalangan dana kemanusiaan juga mulai dilakukan oleh Lazismu pada semua tingkatan di Kalimantan Selatan.

Untuk tahap awal, Muhammadiyah Kalimantan Selatan rencananya akan mendirikan layanan dapur umum di lokasi terdampak bencana, selain juga mendistribusikan bantuan dengan armada air yang dimiliki, seperti perahu karet hibah dari jamaah Masjid Al Jihad/PCM 4 Kota Banjarmasin dan perahu fiber bermesin hibah dari Lazismu Wilayah Jawa Timur. Relawan yang diterjunkan berasal dari MDMC Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan MDMC Kabupaten Kotabaru yang memiliki keahlian dan perlengkapan dapur umum.

Miftah Farih selaku Divisi Tanggap Darurat, Rehabilitasi, dan Rekonstruksi (TDRR) MDMC Kalimantan Selatan menyampaikan bahwa koordinasi terus dilakukan untuk persiapan keberangkatan bantuan.

"Untuk persiapan, kami yang utama terus berkoordinasi dengan MDMC Kalimantan Tengah sambil berkomunikasi ke beberapa MDMC daerah untuk menginventarisir relawan serta logistik yang tersedia untuk dibawa," terangnya.

Farih juga merincikan beberapa bantuan yang akan dikerahkan ke Kalimantan Tengah. Untuk armada yang akan digunakan untuk mobilisasi adalah 2 buah mobil double cabin yang mengangkut logistik berupa makanan siap saji, sembako, serta obat-obatan. Rombongan tim terdiri dari 9 orang relawan yang bertugas sebagai relawan untuk layanan dapur umum dan relawan rescue. Ia juga menambahkan bahwa timnya akan membawa transportasi air untuk evakuasi dan distribusi bantuan.

"Kami juga membawa satu buah perahu karet bermesin ditambah 1 buah perahu fiber bermesin untuk menunjang pergerakan relawan di lapangan," tambahnya.

Senada dengan itu, Manajer Regional Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan, Abdullah Sani menyampaikan pula bahwa Lazismu turut berperan aktif dalam mendukung MDMC.

"Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan tentunya ikut dalam aksi sosial kemanusiaan seperti ini, apalagi Kalimantan Tengah sendiri merupakan provinsi yang bertetangga dengan kita," tegasnya.

Sani menambahkan bahwa pihak Lazismu telah menyiapkan dana kebencanaan untuk aksi ini. "Kami telah menyiapkan dana kebencanaan untuk menunjang kegiatan relawan MDMC Kalimantan Selatan di lapangan, termasuk saat persiapan ini," imbuhnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan saat ini telah membuka penggalangan dana serta mengeluarkan intruksi ke Lazismu Daerah hingga Kantor Layanan untuk melakukan hal yang sama guna nantinya disalurkan melalui MDMC.

Rencananya tim Muhammadiyah Kalimantan Selatan akan diberangkatkan dari kampus Universitas Muhammadiyah Banjarmasin pada Kamis malam menuju Kalimantan Tengah. Sebelumnya, semua perlengkapan telah diperiksa dan dipastikan dalam kondisi prima. Perahu karet dan perahu fiber bermesin telah diuji di kampus Universitas Muhammadiyah Banjarmasin yang memiliki danau dan siap diberangkatkan.

Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan terus menggalang bantuan kemanusiaan untuk Kalimantan Tengah. Donasi dapat disalurkan melalui rekening BSI 7100799299 atas nama Lazismu Kalsel. Selain itu, bantuan berupa barang seperti sembako berupa beras, minyak goreng, bumbu, mie instan, gula, telur; kebutuhan anak seperti selimut dan popok; kebutuhan wanita berupa pembalut; serta perlengkapan mandi seperti sabun, pasta gigi, sikat gigi, dan handuk dapat disalurkan melalui Pos Penerimaan Bantuan yang berada di kantor Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan, Jalan Perdagangan RT. 22 Ruko No. 3 Kel. Kuin Utara, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

(MDN/Yusuf)