Selain di Indonesia, Lazismu Gelar Kurban di Palestina, Yordania, Myanmar, dan Yaman

Ditulis oleh berita
19:54, 22/07/2021
Cover Selain di Indonesia, Lazismu Gelar Kurban di Palestina, Yordania, Myanmar, dan Yaman
JAKARTA - Selain membagikan hewan kurban ke seluruh pelosok di 30 provinsi Indonesia, Lazismu Pimpinan Pusat Muhammadiyah juga menyelenggarakan kurban internasional di empat negara, antara lain Palestina, Yordania, Myanmar, dan Yaman, Rabu (21/7).

Di Palestina, Lazismu bersama mitra Palestinian Welfare House (PWH) menyembelih hewan kurban di dua titik, yaitu Gaza dan Tepi Barat. Lazismu bersama PWH menyembelih 36 domba di Gaza dan 10 domba di Tepi Barat. Daging domba tersebut nantinya akan dibagikan secara langsung ke masyarakat Palestina yang membutuhkan.

Di Yerusalem, Lazismu bekerja sama dengan Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Yordania menyembelih hewan kurban untuk kamp-kamp pengungsi Palestina di Yordania. Sama dengan di Palestina, di Yordania, penerima manfaatnya adalah pengungsi Palestina di Yordania.

Lazismu menyalurkan 10 ekor kambing di Yordania, ditambah dengan 4 ekor kambing dari PCIM Yordania. 4 ekor kambing sudah disembelih dan dibagikan ke Kamp Palestina Talbeah, Yordania pada Rabu (21/7), sedangkan 10 ekor kambing dari Lazismu akan disembelih dan dibagikan pada Jumat (23/7) ke kamp Palestina Baq'ah, Yordania.

Sedangkan di Yaman, Lazismu bekerja sama dengan PCIM Yaman menyembelih 11 domba. Penerima manfaat daging kurban Yaman adalah masyarakat yang terdampak perang sipil di Yaman. Lazismu juga menyembelih 9 sapi di Rohingya, Myanmar.

Direktur Utama Lazismu M Sabeth Abilawa menyebut bahwa kurban internasional dilaksanakan mengingat banyaknya permintaan masyarakat yang ada di sana melalui lembaga-lembaga mitra seperti PWH dan PCIM-PCIM.

"Selain itu, banyak donatur kita yang inginnya berkorban di luar negeri," ujarnya melalui pesan suara.

Selain membagikan hewan kurban, Sabeth juga menyebut bahwa pihaknya turut membagikan 50 paket sembako di Yordania.

Divisi Informasi dan Komunikasi PCIM Yordania, M Dzulfikar Avicena bersyukur karena mendapatkan bantuan kurban dari Lazismu. Selain bantuan 10 ekor kambing dari Lazismu, pihaknya telah menyiapkan 4 ekor kambing yang akan dibagikan ke kamp pengungsi Palestina di Yordania.

"Di Yordania ada sekitar 14 kamp pengungsi Palestina yang tersebar di berbagai daerah. Yang 4 ekor sudah kami bagikan melalui yayasan yang menaungi pengungsi, besok tinggal yang 10 ekor kambing dari Lazismu kita sembelih dan kita bagikan," ujarnya.

Mahasiswa Universitas Mu'tah Yordania tersebut juga menyebut bahwa 50 bingkisan paket sembako dari Lazismu akan dibagikan pasca hari tasyrik.

"Alhamdulillah para penerima manfaat sangat senang dan bersyukur. Mereka sangat merasa terbantu. Mengingat, di antara pengungsi tersebut bahkan ada yang belum punya status kewarganegaraan. Mereka merasa diperhatikan dengan bantuan ini," imbuhnya.

Ia menyebut bahwa PCIM Yordania tergolong sebagai PCIM yang aktif. Sebelumnya, pihaknya telah beberapa kali mendapatkan bantuan dari Lazismu untuk disalurkan ke pengungsi di Yordania.

Reporter: Yusuf