24 Ekor Sapi dari BPKH Disebar ke 22 Kabupaten/Kota di Sulsel

Ditulis oleh berita
20:06, 21/07/2021
Cover 24 Ekor Sapi dari BPKH Disebar ke 22 Kabupaten/Kota di Sulsel
MAKASSAR - Lazismu Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Sulawesi Selatan menyembelih hewan kurban untuk disalurkan bagi warga masyarakat terluar, terpencil, tertinggal (3T) dan masyarakat dhuafa miskin yang terdampak pandemi Covid-19.

Manager Lazismu Sulsel, Ahmad Hunain, mengatakan bahwa sebanyak 24 ekor sapi siap disalurkan untuk 22 kabupaten/kota di Sulsel.

“Lazismu Sulsel merupakan perwakilan Lazismu nasional. Total semua 24 ekor sapi,” kata Ahmad Hunain, Rabu (21/7).

Dia menambahkan bahwa kegiatan penyembelihan ini serentak dilakukan di Sulsel. Hewan kurban disembelih dengan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat.

Dengan demikian, ia menjelaskan bahwa yang terpenting dalam pelaksanaan ini adalah mampu mencontohi ketauladaan Nabi Ibrahim beserta keluarganya.

“Semoga dengan bantuan ini bisa membantu meringakan beban saudara kita, dan mampu berbagi sesama di hari raya Iduladha,” harapnya.

Dilansir dari Fajar.co.id, Muh Ridwan (35) warga Kota Makassar yang juga salah satu warga penerima manfaat menuturkan bahwa pihaknya senang bisa mendapatkan bantuan daging kurban.

“Pandemi sudah berjalan tahun kedua ini. Pemasukan kami selalu menurun. Setidaknya dengan bantuan daging ini bisa menutupi kesedihan kami,” tuturnya dengan haru.

Ia menceritakan bahwa aktivitas mereka dibatasi sehingga susah untuk mencari nafkah.

“Aktivitas terbatas jadi susah cari uang. Kita senang kalau ada program seperti ini bisa bantu lauk pauk di rumah. Semoga daging ini kami bisa mendapatkan keberkahan bagi keluarga. Apalagi saya yang berprofesi sebagai guru mengaji,” tutupnya.

Secara keseluruhan, BPKH di hari raya Iduladha 1442 H melalui Program Kemaslahatan menyalurkan hewan kurban sebanyak 1.000 ekor sapi yang tersebar di 840-an titik di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Salah satu mitra pelaksana kurban tersebut adalah Lazismu.

Lazismu menyalurkan 290 ekor sapi. Pelaksanaan penyembelihan tersebar di daerah 3T di 30 provinsi se Indonesia. Pemberian bantuan ini sesuai dengan komitmen BPKH dalam menyalurkan Nilai manfaat Dana Abadi Umat (DAU) melalui bidang kemaslahatan sebagaimana diatur dalam PP No 5 tahun 2018 Tentang pelaksanaan Undang-Undang No 34 tahun 2014 mengenai pengelolaan keuangan haji dan PBPKH No 7 Tentang prioritas kegiatan kemaslahatan.

Distribusi Progam Kemaslahatan BPKH mencakup prasarana ibadah, kesehatan, pelayanan ibadah haji, ekonomi umat, pendidikan dan dakwah serta sosial keagamaan yang disalurkan secara langsung dan tidak langsung yang bermanfaat untuk kebaikan umat sesuai dengan asas prinsip syariah, kehati-hatian, manfaat, nirlaba, transparan dan akuntabel.

(RLS/Yusuf)