Angka Kemiskinan Tinggi, PCIM Yaman Dirikan KL Lazismu Yaman

Ditulis oleh berita
15:25, 30/07/2021
Cover Angka Kemiskinan Tinggi, PCIM Yaman Dirikan KL Lazismu Yaman
HADRAMAUT, YAMAN - Kantor Layanan Lazismu Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Yaman resmi berdiri. Kantor Layanan Lazismu tersebut didirikan bersamaan dengan rapat bersama dan halal bihalal keluarga besar Muhammadiyah Yaman, pasca hari raya Idulfitri 1442 H. Tepatnya pada hari Jumat (2/7).

Tak ingin ketinggalan momentum, KL Lazismu Yaman tersebut langsung melaksanakan penyembelihan hewan kurban bertajuk "Berkah di Negeri Hikmah". KL Lazismu Yaman mendapatkan donatur untuk menyembelih 1 ekor unta dan 21 kambing. Daging unta dan kambing tersebut kemudian disebarkan ke beberapa daerah di Yaman. Daging dibagikan kepada warga dhuafa Yaman.

Kepada Lazismu.org, Ketua PCIM Yaman Arsyad Arifi menyebut bahwa tingginya angka kemiskinan yang disebabkan oleh perang sipil berkepanjangan, ketahanan ekonomi yang rentan, dan kelaparan yang mewabah di Republik Yaman membuat aktivis PCIM Yaman tergerak untuk mendirikan Kantor Layanan Lazismu.

"Selain itu juga ada beberapa faktor pendirian. Misalnya, karena tingginya angka mutashaddiq yang ingin mentasharufkan dananya untuk maslahat masyarakat Yaman, juga untuk menambah kredibilitas lembaga. Lazismu telah berbadan hukum secara resmi dan lebih bisa dipertanggungjawabkan," ujarnya.

Dengan adanya Kantor Layanan Lazismu yang terletak di Markaz Falah, Syafii, Mukalla, Hadramaut, Yaman tersebut, masyarakat lokal sangat bersyukur dan berterimakasih. Pasalnya, di tengah kondisi ekonomi yang terjun bebas dan harga sembako yang mencekik, Lazismu Yaman hadir menjadi problem solver dan menjadi lembaga dakwah yang menggembirakan.

“Dengan hadirnya Kantor Layanan Lazismu Yaman ini, semoga masyarakat Islam pada umumnya dan Muhammadiyah pada khususnya menjadi lebih percaya untuk menitipkan amanahnya kepada Lazismu Yaman untuk disalurkan kepada yang membutuhkan demi tercipta ketahanan ekonomi dan pangan serta ridha Allah SWT,” imbuhnya.

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Fundraising Lazismu Pimpinan Pusat Muhammadiyah Edi Muktiyono sangat mengapresiasi langkah PCIM Yaman untuk mendirikan KL Lazismu Yaman. Ia mengaku bergembira mendengar kabar pembentukan KL Yaman. Hal ini, menurutnya, menjadi bukti bahwa networking Lazismu sudah bersifat global, tidak hanya lokal di Indonesia.

Bahkan, imbuhnya, Lazismu tidak hanya berdiri di negara-negara maju seperti Eropa, Amerika, dan Australia, namun juga negara-negara yang sedang berada dalam kubangan konflik berkepanjangan. Ia berharap KL tersebut bisa memberikan kontribusi maksimal terhadap masyarakat yang membutuhkan di Yaman dan sekitarnya.

"Seperti di Sudan yang ketika terjadi banjir besar, KL Lazismu Sudah bisa hadir memberikan bantuan bekerja sama dengan mitra lokal di Sudan. Maka, kehadiran Lazismu di Sudan, selain dirasakan oleh masyarakat Indonesia yang diaspora di Sudan, juga dirasakan oleh masyarakat lokal yang membutuhkan," ujar Edi memberi contoh.

Menurutnya, kehadiran Lazismu di tingkat global juga menjadi bukti bahwa Persyarikatan Muhammadiyah selalu turut berperan aktif di tingkat internasional, di manapun bencana berada.

Reporter: Yusuf