BANJIR RENDAM HULU SUNGAI SELATAN, LAZISMU BERGERAK DISTRIBUSIKAN SEMBAKO

Ditulis oleh Doddy
21:14, 13/01/2022
Cover BANJIR RENDAM HULU SUNGAI SELATAN, LAZISMU BERGERAK DISTRIBUSIKAN SEMBAKO
KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN -- Hujan yang terjadi pada akhir tahun 2021 dan awal tahun 2022 menyebabkan banjir di berbagai daerah, salah satunya di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Di Kecamatan Daha, ribuan rumah warga terendam banjir sehingga kesulitan untuk menjalani aktivitas sehari-hari, seperti bekerja dan mencari nafkah. Beberapa ruas jalan juga tergerus arus air.

Lazismu Kabupaten Hulu Sungai Selatan melalui Kantor Layanan (KL) Lazismu Nagara dan KL Lazismu Paharangan bersama-sama menyerahkan bantuan untuk warga terdampak banjir di daerah tersebut pada Sabtu (01/01). Bantuan ini adalah amanah dari Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Al-Furqan Banjarmasin untuk warga yang terdampak banjir. Bantuan berupa sembako tersebut disalurkan kepada warga desa yang berada di lingkungan KL Lazismu Nagara dan KL Lazismu Paharangan, yaitu di Desa Panggandingan dan Desa Paharangan.

dr. Didi Kurniadi selaku Ketua Badan Pengurus Lazismu Kabupaten Hulu Sungai Selatan menyampaikan bahwa penyerahan bantuan tersebut untuk meneruskan amanah dari Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Al-Furqan Banjarmasin yang beberapa waktu lalu diterima dan untuk penyalurannya dibantu oleh KL Lazismu yang berdekatan dengan lokasi terdampak banjir. "Alhamdulillah kami dapat meneruskan amanah dari kawan-kawan Pondok Pesantren Al Furqon untuk bantuan bencana banjir di beberapa desa di Hulu Sungai Selatan. Selanjutnya kami dibantu oleh dua KL Lazismu untuk penyerahan ke warga secara langsung," terangnya.

Senada dengan itu Kepala KL Lazismu Nagara, Muhammad Natsir, menyampaikan bahwa untuk di Desa Panggadingan terdapat 38 paket bantuan yang telah diserahkan. "Untuk KL Lazismu kami (KL Lazismu Nagara) turut menyalurkan bantuan dari Lazismu Hulu Sungai Selatan dan Pondok Pesantren Al Furqon dengan menyerahkan secara langsung paket bantuan berupa sembako dan makanan cepat saji ke 38 keluarga yang saat ini masih merasakan banjir," jelasnya.

Natsir menambahkan, kondisi banjir telah merendam desa tersebut hampir sebulan lamanya. "Banjir di sini kurang lebih telah dirasakan warga selama satu bulan lamanya, namun sudah mulai surut," tambahnya.

Roni Sanjaya, Kepala KL Lazismu Paharangan juga menyampaikan, di Desa Paharangan terdapat 17 paket bantuan yang telah disalurkan. "Di Paharangan kami menyalurkan bantuan ke 17 rumah yang masih terdampak banjir. Saat ini banjir sudah berangsur surut dan sebagian warga telah mulai membersihkan rumahnya," sebut Roni.

Penyerahan bantuan pasca banjir ini merupakan respon dari Muhammadiyah Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang sebelumnya telah melakukan kaji cepat ke dua desa tersebut. Proses kaji cepat dan survei dilakukan oleh relawan Muhammadiyah dibantu amil Lazismu, untuk menentukan kelayakan dan bantuan yang akan diberikan.

[PR Lazismu PP Muhammadiyah/Muhammad Nashir]