DUKUNG KKN UMP, LAZISMU KABUPATEN PULANG PISAU BAGIKAN SEMBAKO

Ditulis oleh Doddy
08:45, 28/10/2021
Cover DUKUNG KKN UMP, LAZISMU KABUPATEN PULANG PISAU BAGIKAN SEMBAKO
KABUPATEN PULANG PISAU -- Sinergi terus dijalin oleh Lazismu Kabupaten Pulang Pisau dalam rangka memperluas jaringan dan memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk ikut aktif dalam kegiatan filantopi. Melalui Lazismu, generasi muda dapat merasakan atmosfir berbagi kepada mereka yang membutuhkan serta mengasah kepedulian dan empati. Salah satunya adalah menjalin kerjasama dengan pihak kampus, yaitu Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMP).

Sinergi yang dilakukan ini dalam program Non Fisik KKN UMP Kampus Pulang Pisau Angkatan ke 46 tahun 2021. Program Pemberdayaan Masyarakat Non Fisik yang dilakukan meliputi pembagian paket sembako, alat protokol kesehatan, dan edukasi kepada masyarakat. Kegiatan ini dilakukan pada Kamis (21/10). KKN Angkatan ke-46 semester ganjil 2021/2022 khusus Kampus Pulang Pisau kali ini diikuti oleh 77 mahasiswa yang dibagi dalam 7 kelompok kegiatan, terdiri dari mahasiswa program studi PGSD, PTI, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Agama Islam, Adna, Teknik Sipil, Ilmu Komputer, serta Agrotek.

Kepala Bidang Pengabdian Masyarakat LP2M UMP, Endang Sri Suyati, M.Pd. mengatakan semua kegiatan KKN kali ini fokus pada Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pulang Pisau seperti pembuatan jendela Masjid K.H. Ahmad Dahlan, pembuatan sarana prokes TK/PAUD Aisyiyah, pembuatan jembatan, serta pembersihan lahan milik PDM Pulang Pisau.

"Dengan adanya KKN 46 yang berfokus pada AUM hendaknya bisa mengembangkan persyarikatan dan mempererat silaturahmi di daerahnya," tegas Endang. Ia pun berharap agar kolaborasi ini dapat mendatangkan manfaat, tidak hanya bagi masyarakat namun juga para peserta KKN. "Mudah-Mudahan apa yang sudah kita lakukan ini dapat bermanfaat bagi yang memerlukan dan menjadi amal jariyah untuk para peserta KKN" tuturnya.

Endang juga menyampaikan terimakasih dari LP2M, panitia KKN angkatan ke-46 serta Rektor UMP dan jajarannya. "Terima kasih pada PDM Pulang Pisau dan Lazismu yang sangat membantu dan mengarahkan sehingga kegiatan mahasiswa bisa terlaksana dengan baik" ucapnya.

Sementara itu, Badan Pengurus Lazismu Kabupaten Pulang Pisau melalui Sekretaris Bonni Febrianto mengatakan bahwa untuk program pembagiàn sembako dibagi menjadi beberapa wilayah seperti Desa Anjir, Mentaren 1 dan 2, Bereng, Gohong, dan Kelurahan Pulang Pisau. Total sembako yang dibagikan sekitar 70 paket. "Relawan Lazismu akan bersinergi dengan mahasiswa KKN untuk pendistribusian sembako kepada mustahik di daerah-daerah tersebut sesuai database yang ada di kami" jelas Bonni.

Program pembagian paket sembako dan alat protokol kesehatan seperti masker dan hand sanitizer merupakan program non fisik dari KKN UMP Kampus Pulang Pisau. Selain membagikan bantuan, mahasiswa juga dapat menjadi teladan pelaksanaan protokol kesehatan bagi warga.

[PR Lazismu PP Muhammadiyah/Bonni Febrian]