Jelang Ramadhan, Lazismu Gunungkidul Gelar Rakerda

Ditulis oleh jf
23:33, 06/04/2021
Cover Jelang Ramadhan, Lazismu Gunungkidul Gelar Rakerda

GUNUNGKIDUL - Lazismu Daerah Gunungkidul melaksanakan Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) Tahun 2021 pada Sabtu, 3 April 2021 di RM. Omah Kayu Wonosari. Raker dihadiri oleh 22 kepala Kantor Layanan Lazismu yang ada di Gunungkidul. 

Rakerda pada tahun ini mengusung tema “Digitalisasi Filantropi untuk Penguatan Tata Kelola Lazismu dan Pencapaian SDGs”. 

Raker tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Gunungkidul, Bapak KH. Sholikhin, S.Pd.I., MA, Dewan Syariah Lazismu KH. Busrowi Abd. Manan dan Badan Pengawas Lazismu KH. Nuryanto Ruaidi, S.Ag. MA serta jajaran Badan Pengurus Lazismu Gunungkidul.

Dalam laporan singkat saat pembukaan, Ketua Lazismu Gunungkidul Ustadz Wahyudiyono menyampaikan bahwa Raker menjadi ajang untuk silaturahmi antar pengurus, sekaligus konsolidasi internal agar dalam menjalankan program selama satu tahun dapat terukur dan sesuai target capaian.

KH. Solihin dalam sambutan dan pengarahan menyampaikan selamat atas terselenggaranya Raker. Ia berharap forum Raker bisa menghasilkan keputusan yang dapat membawa kemaslahatan kepada umat. 

"Masih dalam situasi pandemi yang belum berakhir, tetap menjaga prokes. Mari songsong Ramadhan 1442 H dengan kegiatan yang penuh inovasi," ujarnya.

Selain Raker, dalam kegiatan tersebut Muhammadiyah Gunungkidul juga melaunching Program Pesantren Ramadhan Virtual, Darul Arqam Virtual semua dalam rangka memfasilitasi jama'ah agar tetap semangat dalam mengisi bulan Ramadhan.

Dalam sesi pertama, materi disampaikan oleh Sekretaris Badan Pengurus Lazismu Wilayah D.I. Yogyakarta, Jefree Fahana, S.T., M.Kom. Ia menyampaikan harapan agar seluruh Kantor Layanan Lazismu di DIY bisa teraudit bahkan sampai tingkat kantor layanan. 

Hal ini dilaksanakan sebagai wujud transparansi kepada masyarakat. Ia juga menyampaikan di era modern seperti saat ini amil harus bisa memanfaatkan peluang menggunakan berbagai sosial media yang ada.

Sesi kedua, materi disampaikan oleh salah satu anggota Kantor Layanan Lazismu Patuk, Surani Restu Wardoyo. IA mengajak agar seluruh Kantor Layanan Lazismu di Gunungkidul terus bergerak meskipun banyak kendala yang dihadapi, seperti pandemi Covid-19 ini agar pengurus disemua level untuk bergerak dan menjadi insan yang bermanfaat. 

Diakhir acara ditutup dengan do'a yang disampaikan Kyai Busrowi Abd. Manan. Dalam doanya, ia berharap Lazismu Gunungkidul semakin memberikan kebermanfaatan terhadap warga masyarakat. Sesuai slogan Lazismu Memberi Untuk Negeri.

Reporter: Yusuf