Lazismu Kabupaten Hulu Sungai Selatan Gelar Khitanan Gratis bagi Muallaf

Ditulis oleh berita
08:08, 03/06/2021
Cover Lazismu Kabupaten Hulu Sungai Selatan Gelar Khitanan Gratis bagi Muallaf
HULU SUNGAI SELATAN - Lazismu Kabupaten Hulu Sungai Selatan menggelar kegiatan Khitanan Gratis Untuk Muallaf di Desa Kamawakan, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Ahad (23/05).

Program ini merupakan salah satu program Pilar Kesehatan berupa program Peduli Kesehatan dan Pilar Sosial Dakwah berupa Pendampingan Muallaf dari Lazismu Pusat.

Manajer Lazismu Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Arief menjelaskan bahwa program yang digelar ini melibatkan pihak yang berkompeten di bidangnya. Ia juga berharap bahwa kegiatan semacam ini dapat dilaksanakan secara rutin di daerahnya.

"Dalam pelaksanaannya kami mengajak serta pihak yang berkompeten di bidangnya seperti dokter umum dibantu perawat. Kami menargetkan agenda Khitanan Muallaf ini menjadi agenda rutin yang pelaksanaannya sesuai kebutuhan, dalam artian jika ada yang siap maka akan kami laksanakan," terangnya.

Arief juga menambahkan bahwa awalnya akan ada tiga orang muallaf yang siap dikhitan namun dua di antaranya berhalangan.

"Di awal kami mendapat informasi bahwa ada tiga orang yang bersedia dikhitan, namun setelah kami sampai di lokasi dua di antaranya berhalangan jadi hanya satu yang dikhitan," tambahnya.

Senada dengan itu dr. Didi Kurniadi selaku Ketua Badan Pengurus Lazismu Kabupaten Hulu Sungai Selatan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari pembinaan muallaf yang dilakukan oleh Lazismu.

"Khitanan muallaf secara gratis ini merupakan upaya kami dalam pembinaan muallaf dengan memberikan pemahaman bahwa dalam Islam laki-laki wajib hukumnya dikhitan dan alhamdulillah mendapat respon baik muallaf," terangnya.

Didi menyampaikan pula bahwa dirinya bersama amil Lazismu yang lain secara rutin mendatangi ke Desa Kamawakan untuk mendampingi warga muallaf.

"Kami sangat sering ke sini dengan agenda yang beragam, mulai dari awal hanya sekedar survei tempat, dilanjutkan beberapa kali acara pengislaman hingga akhirnya pembelian lahan yang dibeli oleh Muhammadiyah tersebut sedang dalam proses pembangunan masjid yang insya Allah akan menjadi masjid pertama di sana," imbuhnya.

Saat ini Muhammadiyah Kabupaten Hulu Sungai Selatan melalui Lazismu terus membuka kesempatan bagi para sobat Lazismu untuk ikut serta dalam mewujudkan masjid bagi para muallaf di Desa Kamawakan dengan memberikan donasi baik secara langsung ke kantor Lazismu yang beralamat di Masjid Istiqomah Kandangan atau melalui rekening Bank Kalsel Syariah dengan nomor 958 03 11 00161 9.

(MDN/Yusuf)