Lazismu Kabupaten Tanah Laut Buka Kantor Layanan Pertama

Ditulis oleh berita
07:24, 15/05/2021
Cover Lazismu Kabupaten Tanah Laut Buka Kantor Layanan Pertama
TANAH LAUT - Kantor Layanan (KL) Lazismu Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kintap resmi dibuka dan diresmikan olah Lazismu Kabupaten Tanah Laut di Masjid Muhammadiyah Muhammad Ali Gholib pada Ahad (11/04).

Kegiatan peresmian yang berlangsung secara sederhana ini dihadiri oleh berbagai unsur, mulai dari Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Tanah Laut, Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Tanah Laut, PCM Kintap, Organisasi Otonom (Ortom) tingkat Daerah hingga Cabang serta warga dan jamaah yang ada di sekitar masjid.

Peresmian KL ditandai dengan pengguntingan pita kantor oleh Prof. Dr. H. Sarbaini, M.Pd. selaku Pejabat Sementara (PJS) Ketua Badan Pengurus (BP) Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan disaksikan oleh tamu undangan yang berhadir. Acara ini kemudian dilanjutkan dengan foto bersama.

Ketua PCM Kintap, Ngabadi, S.Pd. dalam sambutannya menghimbau warga untuk mendukung kegiatan Muhammadiyah, salah satunya dengan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) melalui KL Lazismu PCM Kintap.

"Dengan adanya KL Lazismu di Kintap ini saya menghimbau kepada seluruh warga Muhammadiyah agar ikut mendukung dengan menyalurkan ZIS yang nantinya akan digunakan untuk kepentingan organisasi berupa program di bidang sosial dan lain-lain," ajaknya.

Senada dengan itu, Eka Noviar Ramadhani selaku Ketua Badan Pengurus Lazismu Kabupaten Tanah Laut juga menyampaikan bahwa keberadaan Lazismu adalah untuk kepentingan umat.

"Keberadaaan Lazismu baik itu di tingkat Daerah maupun di Kantor Layanan tidak lain untuk kepentingan umat," imbuhnya.

Terakhir, Sarbaini dalam arahannya menerangkan fungsi dan wewenang KL.

"Yang perlu diingat, Kantor Layanan Lazismu mempunyai tanggung jawab kepada Lazismu yang membentuk seperti KL Lazismu PCM Kintap yang dibentuk oleh Lazismu Kabupaten Tanah Laut. Maka dari itu harus ada sinergi antara kedua belah pihak. KL berfungsi sebagai penghimpun dana ZISKA yang nantinya mempunyai wewenang mengusulkan penyaluran dana ZISKA kepada Lazismu yang membentuk," terangnya.

Sarbaini juga mengajak agar bersama-sama menjadikan Lazismu sebagai sarana untuk berlomba-lomba dalam kebaikan.

Masih dalam rangkaian kegiatan peresmian tersebut turut digelar pula penyerahan bantuan berupa School Kit kepada anak-anak penerima manfaat di Cabang Muhammadiyah Kintap. Perlu diketahui pula bahwa KL Lazismu PCM Kintap ini merupakan Kantor Layanan pertama yang dibentuk oleh Lazismu Kabupaten Tanah Laut.

Lazismu Kabupaten Tanah Laut terus berupaya dalam menghimpun dana ZISKA untuk dikelola menjadi program yang terbaru, yaitu bersama-sama MDMC menyalurkan bantuan untuk korban bencana banjir yang menimpa banyak warga dengan bentuk yang beragam seperti bantuan pembangunan hunian sementera (huntara), paket sembako, dan lain-lain.

(MDN/Yusuf)