MDMC DAN LAZISMU JAWA BARAT DISTRIBUSIKAN BANTUAN KEPADA PENYINTAS GEMPA

Ditulis oleh Doddy
12:10, 25/11/2022
Cover MDMC DAN LAZISMU JAWA BARAT DISTRIBUSIKAN BANTUAN KEPADA PENYINTAS GEMPA
KOTA BANDUNG -- Jumlah korban jiwa yang terdata oleh pihak terkait akibat gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Cianjur dan sekitarnya  semakin bertambah, begitu juga dengan angka kerusakan bangunan. Ribuan orang harus menjalani perawatan medis, sementara puluhan ribu lainnya pun harus mengungsi. Berbagai lembaga pun terjun ke lokasi menyalurkan bantuan baik berupa relawan maupun bantuan lainnya.

Muhammadiyah Jawa Barat sebagai daerah yang terdampak bencana turut proaktif dalam penanganan bencana. Bergerak dalam bingkai One Muhammadiyah One Response (OMOR), Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dibantu Lazismu Wilayah Jawa Barat bergerak menyalurkan bantuan. Aksi yang dilakukan antara lain melakukan kaji cepat, pendataan, membuka Pos Koordinasi (Poskor), distribusi bantuan, mendirikan Dapur Umum (DU), dan melakukan koordinasi dengan daerah-daerah yang terdekat dengan lokasi terparah.

Sani Sonjaya selaku Manajer Regional Lazismu Wilayah Jawa Barat menyebutkan, MDMC dengan dukungan Lazismu mulai mendistribusikan berbagai paket bantuan. Tak hanya untuk orang dewasa, bantuan ini juga diberikan kepada ibu hamil dan anak-anak. Selain itu, distribusi logistik untuk menjalankan Poskor di Cianjur juga menjadi perhatian utama. Ia berharap agar semua bantuan tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan para penyintas gempa Cianjur sampai saat kondisi sudah lebih baik.

"Mudah-mudahan apa yang sudah disalurkan bermanfaat, terutama bagi seluruh penyintas yang ada di wilayah Cianjur. Mudah-mudahan musibah ini bisa kita lalui bersama," ujar Sani.

Salah satu penyintas gempa, Yusuf mengungkapkan bahwa daerahnya tempat tinggalnya yaitu Jamaras saat ini sangat membutuhkan banyak bantuan, terutama untuk para ibu hamil. "Yang dibutuhkan ya seperti tenda, makanan, obat-obatan, alas tikar, selimut, dan masih banyak lagi. Apalagi di sini banyak ibu hamil," ungkapnya.

Menurut Laporan Situasi/Situation Report (Sitrep) MDMC Jawa Barat, tercatat ratusan relawan Muhammadiyah di bawah koordinasi MDMC bergerak untuk membantu mereka yang terdampak. Relawan ini datang dari berbagai daerah dan memiliki beragam kompetensi. Poskor Muhammadiyah berada di Jalan dr. Muwardi, Bojong Herang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

[Kelembagaan dan Humas Lazismu PP Muhammadiyah]