PEDULI MUALAF, LAZISMU GANDENG KOMUNITAS BIKER SHIRATH BERQURBAN DI PEDALAMAN KALIMANTAN

Ditulis oleh Doddy
08:55, 14/07/2022
Cover PEDULI MUALAF, LAZISMU GANDENG KOMUNITAS BIKER SHIRATH BERQURBAN DI PEDALAMAN KALIMANTAN
KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN -- Setelah sukses menginisiasi pelaksanaan ibadah qurban untuk pertama kalinya di perkampungan mualaf di Desa Kamawakan pada tahun lalu, Lazismu Kabupaten Hulu Sungai Selatan kembali menggelar kegiatan serupa tahun ini. Bersama beberapa mitra pendukung, Lazismu berkolaborasi untuk menggelar ibadah qurban di desa ini pada Senin (11/07), tepatnya di halaman Masjid Al Istiqomah Muhammadiyah yang baru saja diresmikan pada bulan Maret lalu. Desa Kamawakan merupakan desa mualaf binaan Lazismu yang berada di pedalaman Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Salah satu mitra pendukung ibadah qurban di Kamawakan adalah Komunitas Biker Shirath. Komunitas ini menyumbangkan satu ekor sapi untuk disembelih dan didistribusikan kepada warga sekitar, baik mualaf maupun non muslim. Ahmad Rifqi Rabbani, Divisi Touring Biker Shirath menyampaikan alasan dipilihnya Desa Kamawakan sebagai tempat berqurban. Menurutnya, lokasi tersebut layak untuk menerima hewan qurban karena ibadah qurban baru dua kali digelar di sana, termasuk pada tahun ini.

Warga mualaf Desa Kamawakan antusias membantu pelaksanaan ibadah qurban


"Kami melaksanakan qurban di Desa Kamawakan karena daerah tersebut terdapat beberapa mualaf yang dibina Muhammadiyah. Selain itu, pelaksanaan qurban sendiri juga baru tahun kedua di sana, jadi beberapa masyarakatnya mungkin baru merasakan mendapatkan daging hewan qurban. Kalau kami laksanakan berbeda di daerah perkotaan mungkin sudah banyak yang melaksanakan dan masyarakatnya pun sudah sering merasakannya," terang Rifqi.

Rifqi mengungkapkan, pelaksanaan qurban bersama Lazismu bukan yang pertama kali. Kolaborasi yang dijalin pada tahun ini merupakan yang kedua kali, pada tahun sebelumnya Komunitas Biker Shirath telah melaksanakan qurban di perkampungan mualaf Desa Patikalain, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Terakhir, Rifqi mengharapkan agar amal ibadah para pequrban diterima oleh Allah dan mendapat ganjaran yang sebaik-baiknya. "Mudah-mudahan para pequrban mendapatkan ganjaran sebaik-baiknya dan untuk masyarakat bisa menerima daging qurban dengan baik," harapnya.

Staf Penghimpunan Lazismu Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Rusmansyah menyampaikan terima kasih kepada seluruh mitra telah bersedia melakukan ibadah qurban di Masjid Istiqamah Muhammadiyah, Desa Kamawakan. "Kami ucapkan terima kasih serta apreasiasi kepada seluruh mitra pendukung yang turut berpartisipasi pada pelaksanaan qurban di Kamawakan. Dengan adanya ibadah qurban tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk warga binaan Lazismu dan menambah syiar dakwah Islam di sana," ujarnya.

Rusmansyah menambahkan, pelaksanaan qurban di Desa Kamawakan ini diharapkan dapat memperkuat syiar Islam, terutama bagi warga mualaf. "Dengan pelaksanaan ibadah qurban tersebut dapat memperkuat syiar Islam dan menjadi contoh ibadah bagi warga mualaf bahwa dalam Islam kita diajarkan untuk melaksanakan qurban," imbuhnya.

Selain satu ekor sapi dari Komunitas Biker Shirath, Desa Kamawakan juga mendapatkan satu ekor sapi dari Kantor Layanan (KL) Lazismu Al Ummah Kota Banjarmasin. Sementara itu, Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Kalimantan Selatan juga menyerahkan daging qurban yang disembelih di salah satu Rumah Potong Hewan (RPH) yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Selatan kepada warga Desa Kamawakan. Kegiatan ini juga didukung oleh Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Banjarmasin dan Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

[PR Lazismu PP Muhammadiyah/Muhammad Nashir]