PERKUAT PILAR KESEHATAN, KL LAZISMU RSIB LUNCURKAN AMBULANS

Ditulis oleh Doddy
15:01, 18/10/2021
Cover PERKUAT PILAR KESEHATAN, KL LAZISMU RSIB LUNCURKAN AMBULANS
KOTA BANJARMASIN -- Layanan ambulans merupakan salah satu layanan yang mendukung program-program Lazismu, khususnya yang berada di bawah Pilar Kesehatan Lazismu. Dengan adanya ambulans, warga yang ingin berobat ataupun ingin mengantarkan keluarganya ke tempat peristirahatan terakhir dapat terlayani dengan baik. Selain itu, keberadaan ambulans dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap program-program kesehatan dalam sebuah lembaga zakat.

Pada Sabtu (09/10), Kantor Layanan (KL) Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Rumah Sakit Islam Banjarmasin melaksanakan acara peluncuran Ambulans KL Lazismu RSIB di halaman RSIB. Acara ini dihadiri oleh jajaran Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Selatan, RSIB, Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan, KL Lazismu RSIB dan para undangan. Kegiatan yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan tersebut ditandai dengan penyerahan kunci secara simbolis dari Lazismu serta pengguntingan pita diikuti penyalaan sirine ambulans sebagai tanda ambulans tersebut secara resmi diluncurkan.

Direktur RSIB, drg. Hj. Eva Ariyani menyampaikan bahwa pihak pengelola RSIB terus memberikan dukungan terhadap berbagai program yang dijalankan oleh KL Lazismu RSIB. Salah satu bentuk dukungan ini adalah melalui layanan ambulans. "Kami tentunya mengapresiasi serta mendukung berbagai program KL Lazismu di RSIB karena akan menunjang pelayanan yang ada di rumah sakit ini, terutama dengan adanya ambulan ini yang memang dari awal niatnya untuk melayani pasien sendiri maupun untuk kaum dhuafa serta masyarakat umum lainnya yang memerlukan," ucapnya.

Senada dengan itu, Drs. H. M. Nurdin U. selaku Ketua Badan Pengurus Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan mengharapkan, dengan adanya kegiatan seperti para donatur dapat melihat bahwa Lazismu memiliki aktivitas program yang jelas dan kongkrit untuk masyarakat. "Mudah-mudahan kegiatan ini bisa dilihat dan diketahui oleh para donatur karena Lazismu sendiri bertugas menyalurkan bantuan dengan sebaik mungkin untuk masyarakat," harapnya.

Berkaitan dengan kegiatan Lazismu di Kalimantan Selatan yang saat ini terlaksana di RSIB melalui KL Lazismu RSIB, Drs. H. Tajuddin Noor, S.H., M.H. selaku Ketua PWM Kalimantan Selatan menyampaikan pula bahwa PWM merasa bersyukur sekali atas pelaksanaan peluncuran ambulans ini. "Kami sangat bersyukur dengan peluncuran ambulans yang dilakukan oleh RSIB melalui KL Lazismu yang nanti dapat menyentuh masyarakat. Tentunya diharapkan bantuan dari donatur lain akan lebih banyak lagi sehingga semakin banyak yang bisa terbantu. Ini bukti bahwa hadirnya Lazismu mampu memberdayakan umat," imbuhnya.

Peluncuran ambulans yang dilaksanakan oleh KL Lazismu yang berada di lingkungan amal usaha bidang kesehatan milik Persyarikatan Muhammadiyah di Kalimantan Selatan ini akhirnya bisa terlaksana setelah perjalanan yang cukup panjang. Bahrudin AR, S.E., M.M. selaku Kepala KL Lazismu RSIB menuturkan, pihaknya mulai menghimpun dana sejak Desember 2020. "Selama sekitar sembilan bulan para amil KL Lazismu RSIB melakukan penghimpunan hingga akhirnya terkumpul dana senilai Rp. 245.800.000,- untuk membeli ambulans pada September lalu. Dana ini berasal dari berbagai donatur, namun mayoritas berasal dari internal karyawan dan manajemen RSIB sendiri," terangnya.

Pada akhir acara pelaksanaan peluncuran ambulans juga dilakukan penyerahan bantuan kursi roda serta bantuan untuk bencana banjir di Kalimantan Tengah. Bantuan kursi roda sebanyak tiga unit diserahkan oleh KL Lazismu RSIB kepada pihak rumah sakit, sementara bantuan untuk bencana banjir di Kalimantan Tengah berupa sembako, pakaian, dan alat sholat diserahkan kepada Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan untuk disalurkan ke lokasi terdampak bencana.

[PR Lazismu PP Muhammadiyah/Muhammad Nashir]