PERLUAS JANGKAUAN MUZAKKI, LAZISMU KOTA PEKANBARU TAMBAH KANTOR LAYANAN

Ditulis oleh Doddy
14:29, 13/10/2021
Cover PERLUAS JANGKAUAN MUZAKKI, LAZISMU KOTA PEKANBARU TAMBAH KANTOR LAYANAN
KOTA PEKANBARU -- Kantor Layanan Lazismu (KLL) merupakan ujung tombak Lazismu dalam penghimpunan dana zakat, infak, dan sedekah. Selain itu, keberadaan KLL dapat mempermudah para muzakki dalam menunaikan kewajibannya serta memperluas jangkauan Lazismu dalam beroperasi.

Untuk memperluas layanannya, Lazismu Kota Pekanbaru membuka KLL di SD Muhammadiyah 1 Kota Pekanbaru pada Selasa (12/10) di Jalan H. Agus Salim No. 158 Kota Pekanbaru. Peresmian KLL ini dilakukan oleh Staf Ahli Walikota Pekanbaru Bidang Kemasyarakatan dan SDM, drg. Hj. Helda Suryani M.Kes. dengan dihadiri oleh jajaran Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Pekanbaru, amil Lazismu Kota Pekanbaru, para guru dan pimpinan SD Muhammadiyah 1 Kota Pekanbaru, serta tamu undangan.

Staf Ahli Walikota Pekanbaru Bidang Kemasyarakatan dan SDM, drg. Hj. Helda Suryani M.Kes. sangat mengapresiasi berdirinya KLL ini. Menurutnya, keberadaan KLL yang baru diresmikan ini sangat strategis, karena berada di daerah sentral perekonomian pasar. "Pemerintah Kota Pekanbaru sangat mengapresiasi dengan adanya Kantor Layanan Lazismu di SD Muhammadiyah 1. Kita sama-sama melihat ini daerah sentral perekonomian pasar sehingga memudahkan masyarakat yang akan berinfak, sedekah, dan berzakat kepada tempat yang dipercaya, yaitu Lazismu Kota Pekanbaru," ungkapnya saat diwawancarai usai peresmian KLL di SD Muhammadiyah 1 Kota Pekanbaru.

Senada dengan Helda, acara peresmian yang bertemakan "Bersinergi Bersama Masyarakat, Beramal Dengan Zakat" ini juga mendapat apresiasi dari PDM Kota Pekanbaru. Syafrizal Syukur selaku Ketua PDM Kota Pekanbaru menyampaikan, dengan keberadaan kantor layanan ini diharapkan berpotensi bagi masyarakat, selain itu juga menjadi mitra kerjasama bagi pemerintah tingkat kecamatan dalam mendata masyarakat yang kurang mampu. "Dengan adanya proses penghimpunan dan pendataan ini diharapkan tidak ada lagi orang miskin dan kurang mampu mengalami hambatan dalam pendidikan dan ekonomi," ungkapnya.

Syafrizal melanjutkan, sangat diperlukan usaha maksimal dalam manajemen seperti yang telah diarahkan yaitu kerjasama dengan sama-sama bekerja. "Semoga kantor layanan ini sukses dalam menopang lancarnya integrasi keuangan ditengah-tengah masyarakat Kota Pekanbaru," harapnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengurus Lazismu Kota Pekanbaru, Dede Firmansyah menjelaskan bahwa pembentukan KLL-KLL oleh Lazismu Kota Pekanbaru di beberapa lembaga, sekolah, dan perusahaan bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam menunaikan zakat, infak, dan sedekah. Selain itu, pembentukan KLL juga akan memudahkan Lazismu Kota Pekanbaru untuk menentukan mustahik yang benar-benar layak mendapatkan bantuan.

"Tentu pembentukan kantor-kantor layanan zakat ini di beberapa lembaga, organisasi, sekolah-sekolah, serta perusahaan bertujuan untuk memudahkan masyarakat yang sudah wajib melaksanakan zakat bisa dengan mudah menunaikan zakatnya ke kantor-kantor layanan yang sudah dibentuk oleh Lazismu Pekanbaru. Ini juga bertujuan untuk memudahkan kita menentukan mustahik-mustahik yang memang benar-benar berhak menerima dana zakat, infak, dan sedekah sehingga tidak ada lagi penerima manfaat yang salah sasaran," jelasnya.

Dede pun berharap KLL-KLL ini semakin banyak terbentuk sehingga dengan semakin banyaknya KLL maka akan semakin banyak pula yang berdakwah tentang pentingnya zakat, sehingga semakin banyak masyarakat yang sadar betapa wajibnya menunaikan zakat. Acara peresmian KLL di SD Muhammadiyah 1 Kota Pekanbaru ini dilengkapi dengan penyerahan bantuan pendidikan siswa SD Muhammadiyah 1 Kota Pekanbaru senilai tiga juta rupiah.

[Public Relation Lazismu PP Muhammadiyah]